Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning pada Mata Pelajaran Biologi

Authors

  • Indah fitria Indah Fitria Universitas Samudra
  • Marjanah Universitas Samudra
  • Dini Fitria Universitas Samudra

Keywords:

Discovery Learning, LKPD, Model 4D, Praktis

Abstract

Pembelajaran dengan menerapkan Kurikulum Merdeka menuntut siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru untuk mendorong siswa menjadi lebih aktif salah satunya menggunakan LKPD. LKPD yang digunakan perlu dikembangkan dengan suatu pendekatan agar siswa lebih aktif untuk menemukan dan menerapkan idenya sendiri. Sebelum hasil pengembangan LKPD digunakan dalam pembelajaran, perlu diketahui terlebih dahulu tingkat kelayakan dan kepraktisannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kepraktisan LKPD berbasis discovery learning pada mata pelajaran Biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D), dengan mengaplikasikan model 4D, yaitu define, design, develop dan disseminate yang dimodifikasi menjadi 3D. Berdasarkan analisis data diperoleh kelayakan LKPD dengan persentase rata-rata sebesar 95% dengan kriteria “sangat layak”. Dimana untuk kelayakan materi sebesar 97,3%, kelayakan media sebesar 92.2% dan kelayakan bahasa sebesar 95,5%. Sedangkan kepraktisan LKPD didapatkan persentase rata-rata sebesar 94,1% dengan kriteria “sangat praktis”. Dimana hasil penilaian respon guru sebesar 100% dan penilaian respon peserta didik sebesar 88,2%. Disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan sudah layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arlita, N.T.L., Wulandari, I.G.A.A., & Putra, D.B.K.N.S. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan LKS Tipe Word Square Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan IPA Indonesia, 13(1), 24-33.

Astuti & Nurhidayah, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13-24.

Barus, N.A., Marjanah, & Setyoko. 2023. Pengembangan Media E-book Interaktif Dalam Pembelajaran Sistem Pembelajaran. Jounal Biology Education, Science & Technology, 6(2), 303-309.

Bintiningtiyas, N., & Achmad, L. (2016). Pengembangan Permainan Varmintz Chemistry Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Periodik Unsur. Unesa: Jurnal of Chemical Education, 5(2), 302-308.

Bismawati, A., & Nur, H. (2022). Analisis Kemampuan Guru Mata Pelajaran Indonesia dalam Penyusunan dan Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kurikulum Merdeka di SMK Muhammadiyah 1 Palu. Jurnal Kreatif Online, 10(4), 25-35.

Daryanto & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, N. & Sujana, I.W. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Catur Paramitha dalam Pembelajaran dengan Model Discovery Learning Berpengaruh Positif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 3(2), 74-83.

Dini, D.R., Adnan, & Alimuddin, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Berbasis Hots Pada Materi Biologi Kelas XI Semester Genap SMA/MA di Sulawesi Selatan. Jurnal Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 7(2), 116-122.

Iman, F., Irva, F.A., Lia, J.H., Septia, N., Mieke, M., & Rizhal, H.R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Mnemonic Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 4(1), 13-18.

Kagum, E.Y., & Ende, M.I. (2019). Pengembangan LKS Elektronik Bermuatan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggal Saya Siswa Kelas IV SDI Rotosoro Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 48-61.

Marjanah, M., Atmaja, T.H.W., Pandia, E.S., Nursamsu, N., & Manurung, N. (2022). Pengembangan E-Modul Praktikum Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 1868-1873.

Pratiwi, F. A. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(7), 1-16.

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Jawa Barat: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Suantara, I.K.T., Ganing, N.N., & Wulandari, I. G. A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Thing Pair Share Berbantuan Media TTS Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 462-470.

Umar, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Sel Kelas XI MIA MA GUPPI Buntu Barana. Skripsi.

Wati, D., Susilawati & Sri, H. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Pokok Bahasan Makromolekul, Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(2), 1-15.

Yuniaristha, M., Rachmat, S., Rody, P.S., Eny, E., & Rahmat, R. (2022). Pengaruh Penggunaan LKPD Berbasis Discovery Learning terhadap Hasil Beajar Siswa pada Materi Konsep Mol. Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (5), 6678-6689.

Downloads

Published

2024-06-30