Integrasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.23969/biosfer.v9i1.13933Keywords:
Berpikir Kreatif, Project Based Learning, Strategi Pembelajaran BerdiferensiasiAbstract
Abstrak Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan pembelajaran Project Based Learning yang diintegrasikan dengan strategi pembelajaran diferensiasi. Hal tersebut berdasarkan hasil pre-test yang menunjukkan bahwa siswa memiliki keterampilan berpikir kreatif, sedangkan untuk karateristik berpikir lancar termasuk dalam kategori rendah serta keterampilan berpikir luwes termasuk dalam kategori sedang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas dengan pelaksanaan selama dua siklus. Pada siklus I yang diterapkan hanya Project Based Learning. Pada siklus kedua, Project Based Learning diintegrasikan dengan pembelajaran berdiferensiasi. Setiap siklus terdiri dari empat langkah: perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes keterampilan berpikir kreatif yang didukung dengan hasil angket respon siswa mengenai pembelajaran yang sudah dilakukan. Hasil penelitian menyatakan keterampilan berpikir kreatif peserta didik berhasil ditingkatkan karena terjadi peningkatan persentase hasil pada karakteristik kelancaran dan fleksibilitas dari siklus I serta siklus II. Karakteristik kelancaran meningkat dari 65,34% pada kategori sedang menjadi 88,52% pada kategori tinggi dan karakteristik keluwesan meningkat dari 73,21% pada kategori sedang menjadi 91,26% pada kategori sangat tinggi. Data tersebut didukung dengan angket respon peserta didik yang menyatakan bahwa proses pembelajaran memberikan kebebasan dalam menentukan ide dan pemikirannya dalam proses pembelajaran. Kata Kunci – Berpikir Kreatif, Project Based Learning, Strategi Pembelajaran BerdiferensiasiDownloads
References
Agustini, Rudiana, dkk. (2014). Assesmen. Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa
Armandita, P. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika Di Kelas Xi Mia 3 Sma Negeri 11 Kota Jambi Analysis the Creative Thinking Skill of Physics Learning in Class Xi Mia 3 Sman 11 Jambi City. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.17906
Avivi, A. A., Pramadhitta, A. D., Rahayu, F. F., Saptariana, M., & Salamah, A. U. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Project Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Kelas X pada Materi Bioteknologi. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 3(3), 251–258.
Elif, C. O. (2016). Improved creative thinkers in a class: A model of activity based tasks for improving university students creative thinking abilities. Educational Research and Reviews, 11(8), 517–522. https://doi.org/10.5897/err2015.2262
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Differentiated Learning in the Teacher Empowerment Program on Module 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853.
Hernawan, I. (2017). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Information Technologi ( IT ) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pernapasan Manusia Indra Hernawan. BIOSFER, J.Bio. & Pend.Bio, 2(1), 36–42.
Lema, Y., Nurwahyunani, A., Hayat, M. S., & Rachmawati, F. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model PJBL Materi Bioteknologi Untuk Mengembangkan Ketrampilan Kreativitas Dan Inovasi Siswa SMP. 3, 7229–7243.
Pane, R. N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 173–180.
Putra, R. D., Rinanto, Y., Dwiastuti, S., & Irfa’i, I. (2016). The Increasing of Students Creative Thinking Ability Through of Inquiry Learning on Students at Grade XI MIA 1 of SMA Negeri Colomadu Karanganyar in Academic Year 2015/2016. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 330–334. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5738
Rapika, D., Salsabila, H., Lintang, M., Lestari, S., & Adi Prayitno, B. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di Salah Satu SMP Negeri Surakarta. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 3(1). https://doi.org/10.23969/biosfer.v3i1.981
Sholekah, Anis W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suryani, A. A., Hartadiyati, E., Haryan, W., Nurwahyunani, A., & Murniati, E. (2023). Pengaruh PjBL pada Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Keberhasilan Belajar Ditinjau dari Aspek Produk secara Holistik PENDAHULUAN Pembelajaran merupakan salah satu hal penting dalam pendidikan . Dalam proses pembelajaran pendidik dan peserta didik sali. 11(2), 168–174.
Utami, W. S., Ramli, M., Ariyanto, J., & ... (2018). Memperbaiki Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Problem Based Learning dan Creative Problem-SolvingProcessdi Pelajaran Biologi. … , and Learning, 15, 82–89. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/27694
Wahyuni, Ayu S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.