PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI BERBASIS MNEMONIC PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
DOI:
https://doi.org/10.23969/biosfer.v4i1.1356Abstract
ABSTRAK Penggunaan media pembelajaran yang terintegrasi teknologi diharapkan dapat mempermudah dalam menyampaikan informasi. Selain itu juga diharapkan dapat terjadinya proses pembelajaran yang interaktif. Salah satu pembelajaran yang interaktif yaitu media pembelajaran prezi. Media pembelajaran prezi akan lebih interaktif apabila berbasis mnemonic. Materi yang sesuai untuk media pembelajaran yang berbasis mnemonic adalah klasifikasi makhluk hidup, karena materi klasifikasi makhluk hidup membutuhkan media pembelajaran yang dapat mengurutkan tingkatan takson. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengembangan dan kelayakan dari media pembelajaran prezi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) media prezi berbasis mnemonic dimodifikasi dari model R & D dari Borg and Gall. Validasi oleh ahli materi mendapat kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 88%, validasi oleh ahli media mendapat kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 92%, dan validasi oleh ahli bahasa mendapat kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 84%. Uji coba produk dilakukan oleh 22 orang peserta didik, mendapat kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 90,98%. Hal ini menunjukan bahwa media prezi berbasis mnemonic valid dan layak digunakan dalam pembelajaran pada materi klasifikasi makhluk hidup.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-06-28
Issue
Section
Articles