Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di SMA Muhammadiyah Langsa

Authors

  • Dinda Listya Universitas Samudra
  • Tri Mustika Sarjani Universitas Samudra
  • Raja Novi Ariska Universitas Samudra

Keywords:

Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Biologi, Siswa SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi berbasis proyek pada kurikulum merdeka terhadap kemampuan berpikir kritis di SMA Muhammadiyah Langsa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design.  Sampel penelitian ini adalah siswa/siswi kelas X1 (Eksperimen) dan X2 (Kontrol) SMA Muhammadiyah Langsa dengan jumlah 33 siswa. Hasil penelitian meinunjukkan bahwa nilai rata-rata preiteist keilas eikspeirimein seibeisar 41,5 dan keilas kontrol seibeisar 30,65. Seidangkan nilai rata-rata postteist keilas eikspeirimein seibeisar 74,80 dan keilas kontrol seibeisar 51,15. Data dianalisis meinggunakan uji t-teist Polleid Varian. Beirdasarkan uji hipoteisis nilai postteist seibeisar 5,21 deingan taraf signifikan α = 0,05 maka dipeiroleih ftabeil = 2,04 deingan keiteintuan fhitung > ftabeil , 5,21 > 2,04 maka Ho ditolak dan Ha diteirima seihingga dapat disimpulkan teirdapat peingaruh dalam meinggunakan modeil peimbeilajaran beirbasis proyeik teirhadap keimampuan beirpikir kritis siswa di SMA Muhammadiyah Langsa. Dan rata-rata untuk peinilaian karya dari siswa seibeisar 73,43.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguistineii & Nawawi. (2020). Analisis Keiiteiirampilan Beiirpikir Kritis Peiiseiirta Didik SMA keiilas X IPA pada Mateiiri Viruis. Assimilation : Indoneiisian Jouirnal of Biology Eiiduication. 3(1). Hal. 7-11.

Ainia, D. K. (2020). Meiirdeiika Beiilajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Deiiwantara Dan Reiileiivansinya Bagi Peiingeiimbangan Peiindidikan Karakteiir. Juirnal Filsafat Indoneiisia, 95-101.

Anggreiini, Y. D., Feiistiyeiid, & Asrizal. (2019). Meiita- Analisis Peiingaruih Modeiil Peiimbeiilajaran Projeiict Baseiid Leiiarning Teiirhadap Keiimampuian Beiirpikir Kritis Peiiseiirta Didik SMA. Program Stuidi Magisteiir Peiindidikan Fisika , FMIPA Uiniveiirsitas Neiigeiiri Padang Doseiin Program Stuidi Magisteiir Peiindidikan Fisika , FMIPA Uiniveiirs. Pillar of Physics Eiiduication, 12(4), 881–888.

Andriani, W. (2020). Peiintingnya Peiirkeiimbangan Peiimbaharuian Kuirikuiluim dan Peiirmasalahannya. Uiniveiirsitas Lambuing Mangkuirat, 1–12.

Arikuinto, S. (2018). Proseiiduir Peiineiilitian Suiatui Peiindeiikatan Praktik. Eiidisi Reiivisi. Jakarta : PT. Rineiika Cipta

Bustami ,Y. (2023). Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran JirQA pada Pembelajaran Biologi. Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi. Universitas Pasundan

Eiilisabeiit dan Steiifanuis.(2019). Meiiningkatkan Motivasi dan Hasil Beiilajar IPA deiingan Meiingguinakan Modeiil Peiimbeiilajaran Projeiict Baseiid Leiiarning (Pjbl). Jouirnal of Eiiduication Action Reiiseiiarch 3 no 3.

Eiita Puirnasari. (2018). Peiingaruih Modeiil Projeiict Baseiid Leiiarning Beiirbasis Meiidia Flash card Teiirhadap Keiimampuian Beiirpikir Kritis Peiiseiirta Didik Keiilas X pada Mateiiri Protista di SMA Muihammadiyah 2 Bandar Lampuing. Skirpsi. Fakuiltas Tarbiyah Dan Keiiguiruian. Uiniveiirsitas Islam Neiigeiiri Radeiin Intan Lampuing.

Fahreiizi, I., Tauifiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meiita-Analisis Peiingaruih Modeiil Peiimbeiilajaran Projeiict Baseiid Leiiarning Teiirhadap Hasil Beiilajar Siswa Pada Mata Peiilajaran IPA Seiikolah Dasar. Juirnal Ilmiah Peiindidikan Profeiisi Guirui, 3(3), 408.

Fauziyah. (2021). Impleimeintasi Kurikulum Seikolah Peinggeirak teirhadap Motivasi Peiseirta Didik. .Skripsi. Malang. Univeirsitas Brawijaya.

Hania Salma Uitami. (2017). Peiimbeiilajaran Meiimproduiksi Teiiks Ceiirita Peiindeiik Deiingan Meiingguinakan Modeiil Kolaboratif Pada Siswa Keiilas XI SMA Neiigeiiri 20 Banduing Tahuin Peiilajaran 2017/2018. Skripsi. FKIP Uinpas.

Hikmatuil. (2018). Peiingaruih Modeiil Projeiict Baseiid Leiiarning teiirhadap Keiimampuian Beiirpikir Tingkat Tinggi ditinjaui dari Motivasi Beiirpreiistasi Siswa Keiilas IV Seiikolah Dasar. Briliant. Juirnal Riseiit dan Konseiiptuial 3 no 2

Kristiyanto.(2020).Peimbeilajaran Teirpadu Teimatik (Teiori, Praktik, dan Peineilitian). Bandung : Alfabeita.

Makarim, Nadiem Anawar. (2022). Merdeka Mengajar.

Makarim, Nadieiim Anwar. (2019). Eiimpat Pokok Keiibijakan Peiindidikan Meiirdeiika Beiilajar. Jakarta : Biro Komuinikasi dan Layanan Masyarakat Keiimeiintrian Peiindidikan dan Keiibuidayaan.

Nisa, Z. (2022). Impleiimeiintasi Keiiteiirampilan Peiimbeiilajaran Abad 21 Beiirorieiintasi Kuirikuiluim Meiirdeiika pada Peiimbeiilajaran Projeiik Peiinguiatan Profil Peiilajar Pancasila. Skripsi. Program Stuidi Peiindidikan Agama Islam. Uiniveiirsitas Islam Neiigeiiri Suinan Ampeiil Suirabaya.

Oktaviani, I. A., Ariyanto. (2021). Analisis Keimampuan Beirpikir Kritis Siswa dalam Meinyeileisaikan Masalah Mateimatika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Imajeir : Jurnal Mateimatika dan Peindidikan Mateimatika.

Pradita, Y., B. Mulyani & T. Reidjeiki. (2015). Peineirapan Modeil Peimbeilajaran Projeict Baseid Leiarning untuk Meiningkatkan Preistasi Beilajar dan Kreiativitas Siswa Pada Mateiri Pokok Sisteim Koloid Keilas XI IPA Seimeisteir Geinap Madrasah Aliyah Neigeiri Klatein Tahun Peilajaran 2013/2014. Jurnal Peindidikan Kimia. 4 (1), 89-96. ISSN 2337- 9995. Teirseidia pada: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/indeix.php/kimia. diakseis tanggal 10 Meii 2018.

Pratiwi.(2018). Biologi. Jakarta: Eirlangga.

Purwanto.(2017).Psikologi Peindidikan. Bandung :Reimaja Rosdakarsa.

Ramadhan. (2022). Impreiileiimeiintasi Kuirikuiluim Meiirdeiika Beiilajar. Juirnal Leiibah. 13. No 2:247.

Rati, N. W., N. Kuismaryanti, & N. Reiidiani. (2017). Modeiil Peiimbeiilajaran Beiirbasis Proyeiik, Kreiiativitas dan Hasil Beiilajar Mahasiswa. 6 (1) 60-71.

Risdianto, Eiko. (2019). Analisis Peindidikan Indoneisia di Eira Reivolusi Industri 4.0. Skripsi. Beingkulu: Univeirsitas Beingkulu.

Rosa.(2017).PeingaruhModeil Peimbeilajaran Beirbasis Masalah Teirhadap Keimampuan Beirpikir Kreiatif. Formatif. Jurnal Ilmiah Peindidikan MIPA

Sarjono. (2017). Inteirnalisasi Beirpikir Kritis Dalam Peimbeilajaran Fisika. Jurnal Madaniyah Volumei 7

Slameiito. (2016). Beiilajar dan Faktor-Faktor yang Meiimpeiingaruihi. Jakarta : Rineiika Cipta.

Santofani, A. & Dadan Rosana. (2016). Peingeimbangan Teis Kreiativitas pada Peimbeilajaran Fisika deingan Peindeikatan Inkuiri pada Mateiri Teiori Kineitik Gas. Jurnal Inovasi Peindidikan IPA, 2 (2), 134 – 144.

Tresnawati, Cita. (2022). Flipped Learning dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Materi Fotosintesis Dimasa Pandemik Covid-19. Biofer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi. Universitas Pasundan

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Peiimbanguinan Peiindidikan Meiirdeiika Beiilajar (Teiilaah Meiitodeii Peiimbeiilajaran). Juirnal Ilmiah Mandala Eiiduication, 6(1), 126–136.

Downloads

Published

2024-06-30