Penggunaan Metode Pembelajaran Outdoor Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Subkonsep Vertebrata
Outdoor Learning: hasil beajar: vertebrata
DOI:
https://doi.org/10.23969/biosfer.v3i2.1263Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang metode pembelajaran Outdoor Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya sub konsep vertebrata dalam proses pembelajaran. Metode penelitian kuasi eksperimental dengan rancangan kelompok kontrol kuasi eksperimental tanpa kuadrat (tidak ada rancangan kelompok kontrol yang setara) yang melibatkan setidaknya dua kelompok. Subjek adalah siswa SMA Pasundan 3 kelas Bandung X-1 dan X-2 dengan jumlah siswa pada masing-masing 30 orang. Data diperoleh dengan hasil pretes dan postes. Instrumen dalam penelitian ini adalah uji pilihan ganda pilihan sebanyak 20 pertanyaan. Berdasarkan hasil penilitian, metode pembelajaran Outdoor Learning dapat meningkatkan hasil belajarDownloads
References
Anonim.(2012). Gambar-gambar hewan. [Online]. Tersedia: Google.co.id/gambar [6 April 2012]
Anonim.(2012). Outdoor Learning. [Online]. Tersedia : http://suarakomunitas.net/baca/2801/pengelolaan-kelas.html [1 Maret 2012]
Anonim.(2012). Outdoor Learning. [Online]. Tersedia: http://yanursetyaningrum.guru-indonesia.net/artikel_detail 21913.html#_ftnref15 [2 Maret 2012].
Arikunto, S.(2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: P.T. Rineka Cipta
Campbell, N.A., Reece, Mitchel. (2012). Biologi. Edisi kedelapan jilid II. Jakarta: Erlangga
Dahar, Ratna Wilis.(1996).Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Hamalik. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdan, Ali. (2008). Efektifitas Pembelajaran Biologi Melalui metode Outdoor Study dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa .Jakarta: Bionature
Komalasari, Kokom.(2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.
Lie, Anita. (2005). Cooperative Learning(Mempraktekan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas). Jakarta: Grassindo
Muslich, Masnur. (2009). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Sagala, Syaiful.(2011). Konsep dan Makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Silberman, M. (2009). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.
Sudjana, Nana.(2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Surya, Mohamad. (2004). Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy
Whardana, A. Wisnu.(1995). Dampak Pencemaran Lingkungan.Yogyakarta: Andi Offset.
Widowati, Asri.(2011). Dongkrak Creative Thinking Siswa dengan MetodeOutdoor Learning dalam Pembelajaran Sains Biologi Jurdik Biologi: FMIPA UNY