Analisis Emosi Siswa dalam Lingkungan Akademik : Studi Deskriptif dan Komparatif

Authors

  • Diska Hunafa Putri IAIN Kerinci
  • Ogi Danika Pranata IAIN Kerinci
  • Novinovrita M IAIN Kerinci

Keywords:

Akademik, Biologi, Emosi Siswa, Komparasi, Pembelajaran,

Abstract

Abstrak Emosi siswa merupakan komponen penting aktivitas dan hasil pembelajaran yang diikuti di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis emosi siswa dalam pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SMAN 4 Sungai Penuh dan MAN 2 Kerinci dengan sampel sebanyak 89 siswa. Penelitian menerapkan metode deskriptif dan komparatif. Secara deskriptif untuk menggambarkan dan menganalisis emosi siswa. Selanjutnya membandingkan kondisi emosi siswa antara dua sekolah yang berbeda menggunakan t-test. Achievement Emotions Questionnaire digunakan sebagai instrumen penelitian yang terdiri dari 80 pernyataan mengenai emosi negatif sebelum, saat, dan setelah mengikuti pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan rata-rata skor emosi negatif siswa untuk setiap indikator berada dalam kategori sedang, yaitu sebelum pembelajaran (2.37), saat pembelajaran  (2.76), dan setelah pembelajaran (2.61). Emosi negatif siswa ditemukan paling tinggi ketika mereka mengikuti pembelajaran. Menariknya, emosi negatif ditemukan lebih tinggi setelah mengikuti pembelajaran dibandingkan sebelum mengikuti pembelajaran. Selanjutnya hasil t-test ( ) menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan emosi yang signifikan antara siswa dari sekolah yang berbeda. Namun penelusuran lebih lanjut berdasarkan indikator/kondisi pembelajaran menunjukkan bahwa emosi negatif siswa berbeda secara signifikan sebelum pembelajaran. Perbedaan muncul karena adanya perbedaan harapan, keyakinan, dan kesiapan siswa dari dua sebelum mengikuti pembelajaran. Penelusuran lebih lanjut diperlukan untuk memahami sebab-akibat, dinamika, dan solusi untuk emosi negatif  sebelum pembelajaran.      

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ogi Danika Pranata, IAIN Kerinci

Tadris Fisika

Novinovrita M, IAIN Kerinci

Tadris Biologi

References

Acee, T. W., Kim, H., Kim, H. J., Kim, J. I., Chu, H. N. R., Kim, M., Cho, Y. J., & Wicker, F. W. (2010). Academic boredom in under- and over-challenging situations. Contemporary Educational Psychology, 35(1), 17–27. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2009.08.002

Aprilia, S. L., Pranata, O. D., & Haryanto, T. (2023). Analisis Tingkat Familiaritas Siswa Terhadap Istilah Sains dan Biologi. Bioedusains:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 6(2), 580–591.

Cahyani, V. D., & Pranata, O. D. (2023). Studi Aktivitas Belajar Sains Siswa di SMA Negeri 7 Kerinci. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(2), 137–148. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i2.317

Çimer, A. (2012). What makes biology learning difficult and effective : Students ’ views. Educational Research and Reviews, 7(3), 61–71. https://doi.org/10.5897/ERR11.205

Goetz, T., & Hall, N. C. (2014). Academic boredom. In International Handbook of Emotions in Education (pp. 311–330). https://doi.org/10.4324/9780203148211

Goetz, T., Hall, N. C., & Krannich, M. (2019). Boredom. The Cambridge Handbook of Motivation and Learning, 465–489. https://doi.org/10.7312/tayl16498-058

Goleman, D. (2006). Working With Emotional Intelligence. Bantam Books.

Jayadiningrat, M. G., Tika, I. N., & Yuliani, N. P. (2017). Meningkatkan Kesiapan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Dengan Pemberian Kuis Di Awal Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 7. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12806

MacCann, C., Jiang, Y., Brown, L. E. R., Double, K. S., Bucich, M., & Minbashian, A. (2019). Emotional Intelligence Predicts Academic Performance: A Meta-Analysis. Psychological Bulletin, 0000219, 1–98. https://doi.org/10.1037/bul0000219

Mayer, R. E. (2011). Applying the Science of Learning. Pearson.

Mazur, E. (2014). Peer Instruction: A User’s Manual (Person New). Pearson Education.

Miller, A. L., Fassett, K. T., & Palmer, D. L. (2021). Achievement goal orientation: A predictor of student engagement in higher education. Motivation and Emotion, 45(3), 327–344. https://doi.org/10.1007/s11031-021-09881-7

Morgan, G. A., Leech, N. L., Gloeckner, G. W., & Barret, K. C. (2004). SPSS for Introductory Statistics. Use and Interpretation. Lawrence Erlbaum Associates, Inc. All.

Nadiah, Arina, & Ikhrom. (2019). The Students’ Self-Confidence in Public Speaking. ELITE Journal, 1(1), 1–11. https://www.elitejournal.org/index.php/ELITE

Naude, L., van den Bergh, T. J., & Kruger, I. S. (2014). “Learning to like learning”: An appreciative inquiry into emotions in education. Social Psychology of Education, 17(2), 211–228. https://doi.org/10.1007/s11218-014-9247-9

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7

Pekrun, R., Goetz, T., Frenzel, A. C., & Barchfeld, P. (2011). Measuring emotions in students’ learning and performance. Contemporary Educational Psychology, 36(1), 36–48.

Pekrun, R., Goetz, T., & Perry, R. P. (2005). Achievement emotions questionnaire (AEQ). User’s manual. In Unpublished manuscript, University of Munich, Munich (Issue 2002).

Pekrun, R., & Stephens, E. J. (2011). Academic emotions. In APA educational psychology handbook, Vol 2: Individual differences and cultural and contextual factors. (pp. 3–31). https://doi.org/10.1037/13274-001

Pranata, O. D. (2021). Pelatihan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Cabang Matematika Tingkat SMP/MTs melalui Pembelajaran Berbasis Puzzle. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA (JPMMP), 5(2), 118–124. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v5i2.42276

Pranata, O. D. (2023a). Enhancing Conceptual Understanding and Concept Acquisition of Gravitational Force through Guided Inquiry Utilizing PhET Simulation. Saintek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 15(1), 44–52. https://doi.org/10.31958/js.v15i1.9191

Pranata, O. D. (2023b). Penerapan Game-Based Learning Sebagai Alternatif Solusi Mengajar di Kelas Heterogen. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 8(3), 337–350.

Pranata, O. D. (2023c). Penerapan Puzzle-Based Learning untuk Mengajar Matematika dan Sains di Pasantren dengan Kelas Heterogen. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 10(2), 109–115.

Pranata, O. D., Sastria, E., Ferry, D., & Zebua, D. R. Y. (2023). Analysis of Students’ Emotional Intelligence and Their Relationship with Academic Achievement in Science. Proceedings of the International Conference on Social Science and Education, ICoeSSE, 395–410. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-142-5

Putri, A. L., Pranata, O. D., & Sastria, E. (2024). Students Perception of Science and Technology in Science Learning: A Gender Comparative Study. Jurnal Pijar Mipa, 19(1), 44–50. https://doi.org/10.29303/jpm.v19i1.6153

Putri, D. H., & Pranata, O. D. (2023). Eksplorasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran Sains Setelah Pandemi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(2), 62–70. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/jips.v4i2.3367

Qadariah, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Menggunakan Aplikasi Edmodo untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi Mahasiswa. Journal on Education, 5(4), 14695–14707. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2533

Reiss, M. J., & Winterbottom, M. (2021). Teaching Secondary Biology. In M. J. Reiss & M. Winterbottom (Eds.), Teaching Secondary Science (3rd ed.). Hodder Education.

Reski, D. J. (2019). Konsep Kesiapan Siswa dalam Mengerjakan Tugas. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(1), 33. https://doi.org/10.23916/08419011

Sakinah, N., Pranata, O. D., & Kencanawati, I. (2023). Self Confidence Siswa MTsN dalam Pembelajaran IPA: Studi Komparasi Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1064–1071.

Schaufeli, W., & Enzmann, D. (1998). The Burnout Companion to Study and Practice. CRC Press.

Solihin, S., & Dedah, D. (2022). Analisis Intention to act dan Motivasi Belajar Siswa Pasca praktikum Isolasi DNA Sederhana Menggunakan Alat dan Bahan Dapur. Biosfer : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 7(2), 96–103. https://doi.org/10.23969/biosfer.v7i2.6531

Suherni, N. (2021). Membangun Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Biologi Selama Masa Pandemi Covid-19. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.23969/biosfer.v6i1.4099

Tan, J., Mao, J., Jiang, Y., & Gao, M. (2021). The influence of academic emotions on learning effects: A systematic review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(18). https://doi.org/10.3390/ijerph18189678

Tyng, C. M., Amin, H. U., Saad, M. N. M., & Malik, A. S. (2017). The influences of emotion on learning and memory. Frontiers in Psychology, 8(AUG). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01454

Tze, V. M. C., Daniels, L. M., & Klassen, R. M. (2016). Evaluating the Relationship Between Boredom and Academic Outcomes: A Meta-Analysis. Educational Psychology Review, 28(1), 119–144. https://doi.org/10.1007/s10648-015-9301-y

Utami, A. F., Pranata, O. D., & Angela, L. (2024). Analisis Tingkat Kejenuhan Siswa Sebelum , Selama , dan Setelah Pembelajaran Sains. PENDIPA Journal of Science Education, 8(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/pendipa.8.1.1-9

Wortha, F., Azevedo, R., Taub, M., & Narciss, S. (2019). Multiple Negative Emotions During Learning With Digital Learning Environments – Evidence on Their Detrimental Effect on Learning From Two Methodological Approaches. Frontiers in Psychology, 10(December), 1–19. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02678

Wulandari, W., & Pranata, O. D. (2023). Analisis Kecerdasan Emosional Siswa dalam Pembelajaran Sains. Diksains: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(2), 124–133. https://doi.org/10.33369/diksains.3.2.124-133

Downloads

Published

2024-06-30