(Studi Literatur) Pengaruh Model Pembelajaran OIDEE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.23969/biosfer.v9i1.12431Keywords:
Berpikir Kritis, Model pemeblajaran, OIDDE, Sikap Peduli LingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model Pembelajaran OIDDE (orientation, identify, discussion, decision, and engage in behavavior). Dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan mahasiswa, melalui meta-analisis data hasil studi pustaka penelitian yang sudah ada. Penelitian ini menggunakan jenis/pendekatan penelitian yang berupa studi kepustakaan (library research) atau studi literatur. Berdasarkan literature review, didapatkan 10 jurnal dan 3 Tesis dianalisis. Jurnal yang dianalisis adalah jurnal nasional tentang Pengaruh model Pembelajaran OIDDE terhadap kemampuan berpikir kritis, dan sikap peduli lingkungan. Dapat disimpulkan, penelitian ini memiliki hasil analisis, yakni adanya pengaruh dalam penerapan model OIDDE, diungkapkan oleh Ma’rifatillah et all mengemukakan bahwa memasuki tahun ke - 21, berbagai aspek kehidupan sehari-hari , termasuk pendidikan, mengalami resesi dikarenakan pendidikan merupakan proses pengembangan kualitas pribadi dan memberikan kontribusi positif bagi kehidupan yang lebih baik baik bagi individu maupun orang lain. Proses pembelajaran ini melibatkan observasi, pengajaran, dan transfer pengetahuan untuk memaksimalkan hasil belajar model OIDDE. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemikiran kritis dan kesadaran lingkungan adalah model OIDDE. Model ini berfokus pada orientasi, identifikasi, diskusi, pengambilan keputusan, dan menunjukan sikap/perilaku.Downloads
References
Annisa, & Eli, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran STM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 98–105.
Anshari, M., & Husin, H. (2019). Pendidik Dalam Berbagai Dimensi (Teologis, Biologis, Psikologis dan Sosiologis). ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 36–51. https://doi.org/10.47732/adb.v2i1.100
Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia Fatus Syarofah, A., Hartadiyati, E., Siswanto, J., & Eka Wahyu, N. (2023). Analisis Kecakapan Abad 21: Collaboration and Communication Skills Siswa Melalui Penerapan Discovery Learning. Journal on Education, 6(1), 7143– 7152. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3808
Fitriani, Y. S., Juanda, A., Roviati, E., & History, A. (2020). Internalization of Religious Values Using the Argument-Driven Inquiry Model to Improve Critical Thinking Skills during the COVID-19 Pandemic ARTICLE INFO ABSTRACT Internalisasi Nilai-nilai Religius Menggunakan Model Argument Driven Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Masa Pandemi Covid-19. BIOSPHERE: Journal of Biology Tadris, 11(2), 139–150. https://doi.org/10.24042/biosphere
Hudha, A.M.,& Husamah, H.(2019). Pendampingan Implementasi Model Pembelajaran OIDDE untuk Meningkatkan Keterampilan Pembelajaran Berorientasi Etika di MA Muhammadiyah 1 Plus Malang. International Journal of Community Service Learning,3(3),109–115. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.18635
Hudha, A. M., Handayani, N. R., & Setyawan, D. (2022). Good-by Learning Journal: Strengthening Metacognitive Skills in OIDDE Learning Model. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 11(2), 371–381. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i2.39391
Husamah, H., Hudha, A. M., & Pantiwati, Y. (2018). Pendampingan Guru SMPN 8 Kota Malang dalam Mengembangkan Perilaku Etis Siswa Berbasis Model Pembelajaran OIDDE. International Journal of Community Service Learning,2(2),41–50. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i2.14185
Ma’rifatillah, I., Efendi, R., & Hasanah, L. (2019). Effectiveness of OIDDE learning model with reading infusion strategy in trained 21st century students’ skills on momentum and impulse materials. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5). https://doi.org/10.1088/1742 6596/1280/5/052014
Ma’rifatillah, I., Efendi, R., & Hasanah, L. (2019). Effectiveness of OIDDE learning model with reading infusion strategy in trained 21st century students’ skills on momentum and impulse materials. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/5/052014
Miftachul Hudha, A., Sukarsono, S., & Handayani, N. R. (2021). Penerapan model pembelajaran OIDDE untuk meningkatkan keterampilan pembelajaran berbasis karakter pada guru pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 269.https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9330
Miftachul Hudha, A., Amin, M., Bambang Sumitro, S., & Akbar, dun. (2018). The Effectiveness Of Oidde Learning Model In The Improvement Of Bioethics Knowledge, Ethical Decision, And Ethical Attitude Of Biology Pre-Service Teachers. Of Baltic Science Education , 17(6), 960–971.
Sari. M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science. ISSN 2715-470 Zed, M. (2014) Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Sartina, S., Jamilah, J., Suarga, S., & Damayanti, E. (2022). OIDDE Learning Models on Metacognitive Skills and Cognitive Learning Outcomes of Man 1 Bulukumba Students. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1). https://doi.org/10.37058/bioed.v7i1.3271
Yasin, M., Magister Pendidikan Matematika, P., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (2023). Systematic Literature Review: Integrasi Model Problem Based Learning Dengan Media Pembelajaran Dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah. 4(2). https://doi.org/10.46306/lb.v4i2
Yuni Pantiwati, H., & Miftachul Hudha, A. (2017). OIDDE Learning Model through Integrated Field Studies Abroad to Develop Ethical Decision Skills of Candidate Biology Teachers: Indonesian Perspective. Educational Process: International Journal, 6(4), 7–19. https://doi.org/10.22521/edupij.2017.64.1

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.