Pengembangan Handout Keragaman Koloni Bakteri pada Rizosfer Pohon Kelapa Sawit di Lingkungan Lahan Basah

Authors

  • Madinatul Munawarah Universitas Lambung Mangkurat
  • Aulia Ajizah madina.munawarah123@gmail.com
  • Sri Amintarti Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/biosfer.v8i2.10837

Abstract

Karakteristik koloni mikroba dan sitologi mikroba merupakan salah satu materi yang ada pada mata kuliah Mikrobiologi. Pengembangan handout bertujuan mendeskripsikan kesesuaian dan kelayakan hasil pengembangan handout keragaman koloni bakteri pada rizosfer pohon kelapa sawit di lingkungan lahan basah sebagai materi penunjang pada mata kuliah Mikrobiologi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan pada dosen dan mahasiswa masih terdapat kendala dimana mahasiswa masih susah menentukan dan membedakan bentuk koloni bakteri yang mereka amati, selain itu dosen juga berpendapat bahwa materi mengenai koloni bakteri ini sulit diajarkan karena kurang kontekstual sehingga sulit bagi mahasiswa untuk memahami materi jika tidak diberikan contoh koloni yang sesuai. Pengembangan handout keragamanan koloni bakteri rizosfer pohon kelapa sawit menggunakan model 4-D oleh Thiagarajan yang dibatasi sampai tahap Development (pengembangan). Subjek validitas pengembangan handout keragaman koloni bakteri rizosfer pohon kelapa sawit di lingkungan lahan basah menggunakan 3 validator, serta subjek uji keterbacaan 6 orang mahasiswa/i Pendidikan Biologi FKIP ULM yang sudah lulus mata kuliah Mikrobiologi. Hasil penelitian menunjukkan pada uji kesesuaian meperoleh rata-rata skor 87,4 % (sangat sesuai), uji kelayakan memperoleh rata-rata skor 81% (sangat layak), dan uji keterbacaan mahasiswa memperoleh rata-rata skor 89% (sangat baik).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ajizah, A., & Rahma, K. (2017). The Development of A Handout on Eubacteria Concept for High School. Proceedings of the 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017), 100, 109–114. https://doi.org/10.2991/seadric-17.2017.23

Amintarti, S., Ajizah, A., & Utami, N. H. (2019). Pengembangan Media Gambar Alga Mikroskopis Sebagai Penunjang Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah. 11(1), 10–20. https://doi.org/10.20527/wb.v19i1.Abstrak.

Asmara, R., Suharjo, R., Rini, M. V, Dirmawati, S. R., Agroteknologi, J., Pertanian, F., & Lampung, U. (2021). Kemelimpahan Dan Karakterisasi Bakteri Rizosfer Tanaman Kelapa Sawit Di Pt Bumitama Gunajaya Agro Kalimantan Tengah Abundance and Characterization of Rhizospheric Bacteria of Oil Palm Plant in Pt Bumitama Gunajaya Agro Central Kalimantan. Journal of Tropical Upland Resources ISSN, 03(02), 71–83.

Eliaumra, Hulinggi, S. A., & Samaela, D. P. (2023). Pengembangan Asesmen Autentik Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Untuk Mengukur Kemampuan Kolaboratif Dan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 8(1), 56–66. https://doi.org/10.23969/10.23969/biosfer.v8i1.8469

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Febrianto, R., & PGRI Trenggalek, S. (n.d.). Education Journal : Journal Education Research and Development PENGEMBANGAN HANDOUT MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA. 64–74.

Istina, I. N., Widiastuti, H., & Joy, B. (2020). Potensi bakteri pelarut P dan Penambat N rhizosper kelapa sawit gambut saprik. Jurnal Agro, 7(1), 14–23. https://doi.org/10.15575/5776

Izzatinnisa’, I., Hastuti, U. S., & Gofur, A. (2020). Pengembangan Handout Mikrobiologi Berbasis Hasil Penelitian Antagonisme Fungi Antagonis terhadap Fungi Patogen pada Tanaman Stroberi. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 8(2), 355. https://doi.org/10.33394/bjib.v8i2.2765

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Nisa, K., Ajizah, A., & Amintarti, S. (2021). The Validity of Learning Media in the Form of Booklet Types of Pteridophyta (Fern) in the Riverbanks of Wisata Alam Sungai Kembang for Senior High School Grade X. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(2), 92. https://doi.org/10.20527/bino.v3i2.9978

Rahima, R., Kaspul, K., & Putra, A. P. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Peserta Didik Kelas X Sma Terhadap Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Flip Html5 Konsep Protista. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(1), 570. https://doi.org/10.52434/jp.v16i1.1828

Rahmawati, A. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Defisiensi Nutrisi Tumbuhan pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Pasundan. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(1), 21–25. https://doi.org/10.23969/biosfer.v2i1.524

Ristiari, N. P. N., Julyasih, K. S. M., & Suryanti, I. A. P. (2018). Isolasi dan identifikasi jamur mikroskopis pada rizosfer tanaman jeruk siam (Citrus nobilis Lour.) di Kecamatan Kintamani, Bali. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 6(1), 10–19.

Wicaksono, E. B., Hardianto, & Munawar, A. (2019). Rancang Bangun Penghitung Jumlah Koloni Bakteri Berbasis Arduino Uno. Ijccs, 13(2), 123–128.

Downloads

Published

2023-12-31