Penerapan Model Collaborative Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VIII SMPN 5 Cianjur Tahun Pelajaran 2017-2018

Authors

  • Yani Andriyani Gustina

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v3i1.2593

Keywords:

model pembelajaran collaborative learning, kemampuan menulis teks eksplanasi, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran collaborative learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi peserta didik dan berdampak terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan metode penyisipan dan desain penelitian quasi eksperimental design. Instrumen utama yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMPN 5 Cianjur. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII H berjumlah 32 peserta didik dan kelas kontrol adalah kelas VIII I berjumlah 34 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran collaborative learning dapat mengefektifkan pembelajaran dengan sangat baik; adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran collaborative learning dengan peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung; kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi dengan model pembelajaran collaborative learning lebih baik dari pada kemampuan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran langsung (direct Instruction); adanya dampak yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran collaborative learning dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan  nilai korelasi 0.881 dan nilai signifikansi 0.000. Dengan demikian model pembelajaran collaborative learning dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diaplikasikan dalam kelas terkait dengan pembelajaran menulis teks eksplanasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Alwasilah.(2010). Filsafata Bahasa dan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alwasilah. (2013). PokoknyaMenulis Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: Kiblat.

Alec Fisher. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Amri, Sofan. (2015). Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Anderson, Mark dan Anderson, Kathy. (2003). Text Tyype in English 1. Australia: Macmillan

Barkley, Elizabert E. Dkk. (2014). Collaborative Learning Techniques. Bandung: Nusa Media.

Baiq Emilia Susdiana (2017). Menulis Teks Eksplanasi Mengguakan Metode Picture and Picture pada Siswa Kelas VIII SMP. Tesis, Universitas Mataram. (tidak diterbitkan).

Daryanto, Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media

Dina Nur Elia. (2014) . The Implementation of Collaborative Learning in Teaching Speaking of Analytical Exposition to the Eleventh Graders of SMAN 1 Sidoarjo. Skripsi, Universitas Negri Surabaya. (tidak diterbitkan).

Emilia. (2012). Pendekatan Genre-Based dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Bandung: Rizki Press.

Eggen dan Kauchak (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan konten dan keterampilan berpikir. Jakarta: Indeks.

Filsaime, (2008). Menguak Rahasia berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta. Prestasi Pustaka Utama.

Kurniasih, Imas, dkk. (2014). SuksesMengimplementasikanKurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena

Gultom, Nurjanah (2012). “ Pemanfaatan Teks Feature Perjalanan Sebagai Media dalam Pembelajaran Menulis Karangan Naratif”. Jurnal

Hidayati, Panca Pertiwi. (2015). PembelajaranMenulisEsaiBerorientasi Peta BerpikirKritis. Bandung: Prisma Press Prodaktama.

Hill, S & Hill, T. (1993). The Collaborative Classroom: A Guide to Cooperative Learning, Victoria. Australia: Eleanor Curtain Publishing.

Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran untuk Manajemen, Pengembangan, dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTS). Jakarta

Kemendikbud. (2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Thursina Mediana Utama.

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks. Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.

Knapp dan Watskin. (2005). Gendre Text, Grammar Technologies for Teaching and Assessing Writing. Sidney: Univercity of New South Wales Press.

Koesoema, Doni. (2015). PendidikanKarakter. Jakarta: PT Grasindo.

Laal, Marjan.DKK. (2012). What do we achieve from learning in collaboration?.www.elsvieir/locate/procedia

Lestari dan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama

Lunenburg. (2011). Critical thinking and Constructivism Techniques for Improving student achievement. National Forum of Teacher Educational. Jurnal. 21

Marques, F.C. (2012). Moving from trance to think: Why we need to polish our critical Thinking Skills. International Journal of Leadership Studies. ISSN 1554-3145.

Nurgiantoro. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Pitria Sihite. ( 2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Balige Tahun Pembelajaran 2013/2014. Skripsi, Universitas Negeri Medan. (tidak diterbitkan).

Priyatni, (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: BumiAksara.

Roberts. Tim. (2005). Computer Supported Collaborative Learning in Higher Education. Australia: Idea Group Publishing

Rusman. (2017). Belajardan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan” Jakarta: Kencana.

Semi, Atar.(2007). Dasar-DasarKeterampilanMenulis. Bandung: Angkasa.

Sitohang.dkk. (2012). Critical Thinking Membangun Pemikiran Logis. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Sibarani (2007). Penerapan Proses Kognitif dan Terapi Cognitive Blocking dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menulis. Jurnal Diksi, Volume 14 Nomor 2. Juli 2007, 132-140.

Slamet. (2008). Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Sundayana (2016). Statistika dan Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman. (2003). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: UPI

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penulisan. Bandung: Alfabeta.

Stubbs. (2000). Targeting Text Information Recount, Information, Report and Explanation. Sydney: NSW

Tarigan. H (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Ucep Saepulloh. (2015). Pengaruh model pembelajaran collaborative learning tipe ACC terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Skripsi. Universitas Lampung (tidak diterbitkan).

Iskandawassid dan Suhendar. Dadang. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda.

Zainurrahman (2013). Menulis dari Teori Hingga Praktik . Bandung: Alfabeta.

Published

2022-05-05