Kajian Psikologi Sastra Berorientasi Nilai Karakter Tentang Karakterisasi Tokoh dalam Buku Dongeng Pembangun Karakter Anak Karya Rucita Arkana dan Kesesuaiannya dengan Tuntutan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Authors

  • Nurul Mu’min

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v3i1.2594

Keywords:

Psikologi Sastra, Nilai Karakter, Bahan Ajar, Kurikulum 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (a) Mengetahui nilai-nilai karakter tokoh dan penokohan dalam buku Dongeng Pembangun Karakter Anak Karya Rucita Arkana ditinjau dari kajian psikologi sastra, (b) Mengetahui jenis nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku Dongeng Pembangun Karakter Anak Karya Rucita Arkana, dan (c) Mengetahui kesesuaian nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku Dongeng Pembangun Karakter Anak Karya Rucita Arkana dengan tuntutan bahan ajar di sekolah dasar (SD) sesuai kurikulum tahun 2013. Penelitian  ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Dongeng Pembangun Karakter Anak karya Rucita Arkana berdasarkan kajian psikologi sastra untuk ditinjau kesesuaian isinya berdasarkan pada bahan ajar kurikulum 2013 jenjang sekolah dasar (SD). Berdasarkan hasil penelitian, didapat kesimpulan bahwa nilai-nilai karakter yang muncul dalam Dongeng Pembangun Karakter Anak terlihat dari tokoh dan penokohan yang terwujud melalui struktur kepribadian tokoh dengan realisasi id, ego, dan superego-nya Freud. Dongeng-dongeng dalam karya ini memakai teknik karakterisasi dengan daya tawar nama tokoh dan tuturan langsung. Dari tiga puluh dongeng terdapat nilai-nilai karakter berupa religius, integritas, mandiri, toleransi, dan gotong royong. Kelima nilai tersebut berkaitan dengan jenis nilai karakter yang juga digaungkan Pemerintah melalui Kemendikbud dalam program penguatan pendidikan karakter (PPK).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Andy, Prastowo. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik–Panduan Lengkap, Aplikatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Astuti, Rika, dkk. 2016. Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas. BASASTRA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 4 Nomor 2.

Belawati, Tian, dkk. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Unversitas Terbuka.

Burhanuddin, Afid. 2015. Pengertian dan Tujuan Pendidikan Karakter. [daring]. Tersedia:https://afidburhanuddin.wordpress.com/2015/01/17/pengertian-dan-tujuan-pendidikan-karakter/ (diakses tanggal 24 Agustus 2018).

Elisa, dkk. 2016. “Kajian Psikologi Sastra Nilai Pendidikan Karakter Novel Ibue

Karya Iwan Setyawan serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indoneisa. BASASTRA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2 (2), hlm. 34--44.

Endaswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra. Jakarta: Kav. Maduskimo.

Ernawati. 2017. "Menumbuhkan Nilai Pendidikan Karakter Anak SD Melalui

Dongeng (Fabel) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia". Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4 (1), hlm. 120--133.

Habsari, Zakia. 2017. "Dongeng sebagai Pembentuk Karakter Anak". Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi. 1 (1), hlm. 21--29.

Iskandarwasid dan Sunendar. 2009. Perspektif Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jannah, Lily Alfiyatul. 2013. Kesalahan-kesalahan Guru PAUD yang Sering Dianggap Sepele. Yogyakarta: DIVA Press

Kemdikbud. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Kesuma, Dharma dkk. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya

Machali, Imam. 2014. “Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045”. Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1), hlm.71--94.

Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rodakarya.

Maleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Minderop, Albertine.2013. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Sastra Anak (Pengantar Pemahaman Dunia Anak). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Primulawati, Sylvia. 2013. Peranan Dongeng dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Volume 14, Nomor 1, Maret 2013, 44-51

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2017. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sophya, Ida Vera. 2014. Membangun Kepribadian Anak dengan Dongeng. Jurnal Thufula Vo. 2 No. 1.

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kaulitatif. Bandung: Alfabeta.

Tyastiti, Nita Wahyu. 2015. Kajian Psikologi Sastra, Nilai Pendidikan Karakter

dalam Cerita Anak-Anak Kecil Punya Karya (KKPK) Karya Wanda Amyra MAyshara, dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Tesis, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Wiyatmi. 2011. Psikologi Sastra (Teori dan Aplikasinya). Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Wardani. 2012. Tentang Karakteristik Anak SD ,Yogyakarta: Ar-ruz Media

Siswandarti, (2009). Teori Pengkajin Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Published

2022-05-05