Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Bertema Religi dan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Menggunakan Teknik Peta Pikiran pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Bandung

Authors

  • Ati Miranti

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v1i2.2307

Keywords:

kemampuan menulis teks eksplanasi bertema religi, kemampuan berpikir kritis, teknik peta pikiran

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis teks eksplanasi bertema religi  dan berpikir kritis siswa setelah diberi pembelajaran dengan menggunakan teknik peta pikiran. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Bandung. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode campuran (mix method). Pengumpulan data menggunakan teknik tes (awal dan akhir), observasi, dan wawancara mendalam (indepth interview). Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi bertema religi dan berpikir kritis pada siswa yang pembelajarannya menggunakan teknik peta pikiran, lebih baik, dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya secara konvensional. Pada tes awal, kemampuan menulis teks eksplanasi bertema religi menunjukkan nilai rata-rata 40,52 dan tes akhir rata-rata nilai menjadi 80,04. Rata-rata nilai tes awal kemampuan berpikir kritis siswa adalah 53,96,sedangkan rata-rata nilai tes akhir mencapai 80,76. Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran berjalan sesuai rencana pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara, guru dan siswa memberikan tanggapan yang positif pada pembelajaran menulis teks eksplanasi bertema religi menggunakan teknik peta pikiran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

De Porter, Bobbi, dkk.Quantum Teaching.Bandung: Kaifa.

Hidayati, Panca Pertiwi.2015. Pembelajaran Menulis Esai Berorientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung:Prisma Press.

Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. 2014. Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Mahsun, M. S. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo.

Mujahidin, Firdos. 2017. Strategi Mengelola Pembelajaran Bermutu. Bandung: Rosda.

Pujiono, Setyawan. 2012.”Berpikir Kritis dalam Literasi Membaca dan Menulis untuk Memperkuat Jati Diri Bangsa”. JPBSI FBS UNY.

Sufanti, Main.”Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Belajar dari Ohio Amerika Serikat”. Magister Pengkajian Bahasa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Published

2020-11-20