Penerapan Model Project Based Learning dalam Mentransformasi Cerpen ke Dalam Film Berorientasi Pendidikan Karakter Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cipatat Kabupaten Bandung Barat

Authors

  • Sri Endang

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v1i2.2305

Keywords:

project based learning (PBL), transformasi, cerita pendek, film, karakter siswa

Abstract

Model project based learning memberikan kesempatan kepada siswa untuk menentukan sendiri proyek yang akan dikerjakannya baik dalam hal merumuskan dan memilih topik yang akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang profil pembelajaran mentransformasikan cerita pendek ke dalam bentuk film di kelas XI SMAN 1 Cipatat baik secara proses pembelajaran maupun kemampuan mentransformasi cerita pendek ke dalam film. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitiann ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Cipatat dan sampel yang digunakan adalah 2 kelas Siswa SMAN 1 Cipatat yang  masing-masing terdiri dari 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Hasil menunjukkan bahwa Kemampuan siswa mentransformasi cerita pendek ke dalam film yang menggunakan pembelajaran konvensional dikategorikan cukup baik. Karakter siswa yang menggunakan model project based learning lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hubungan kemampuan siswa mentransformasi cerita pendek ke dalam film dengan pembentukan karakter siswa pada kelas eksperimen. Berdasarka hasil pengujian hipotesis, model project based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mentransformasi cerpen ke dalam film

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kesuma, Dharma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah. Bandung: Rosda.

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konsek Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Baksin, Askurifai. (2008). Aplikasi Praktis Pengajaran Sastra. Bandung: PT. Pribumi Mekar.

Hidayati Novia. 2015. Keefektifan Strategi Problem Posing Learning dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Indrawan, Rully & Yuniawati, R. Poppy. 2014. Metodologi Penelitian, Bandung: PT. Refika Aditama.

Published

2020-11-20