PEMAHAMAN DAN PERSEPSI PENGHUNI PONDOK PESANTREN AL-ITTIHAD KAWASAN SANTRI PUTRA TERHADAP SANITASI

Authors

  • Astri Widiastuti Hasbiah Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Deni Rusmaya Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Ade Saputra Fakultas Teknik - Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jcbeem.v3i1.1499

Keywords:

Sanitasi pondok pesantren, asrama putra, persepsi

Abstract

Pesantren Al-Ittihad yang terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat merupakan sarana pendidikan dengan fasilitas asrama bagi santri-santrinya. Kegiatan di asrama memiliki kemiripan dengan kegiatan domestik jika ditinjau dari segi sanitasinya. Untuk mempertahankan kualitas hidup dan belajar para santri, diperlukan kondisi fasilitas sanitasi yang memadai dari segi kualitas dan kuantitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi fasiltas sanitasi di kawasan santri putra Pesantren Al-Ittihad berdasarkan pengamatan dan wawancara kepada penghuninya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana air bersih dan air minum masih baik, secara kualitas maupun kuantitas. Sarana air limbah masih mencukupi namun memerlukan saluran untuk pengolahan grey water. Saluran drainase sudah tersedia dengan baik, namun perlu peningkatan pemeliharaan agar tidak terjadi pendangkalan atau tertutup sampah. Dalam pengelolaan sampah, walaupun sudah terdapat pemilahan, namun masih terdapat sisa sampah yang tidak ditangani dengan baik, terutama di sekitar tempat pembuangan sampah sementara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaerunnissa, C. (2014). Partisipasi Masyarakat dalam Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di KABUPATEN BREBES (Studi Kasus Desa Legok dan Desa Tambakserang Kecamatan Bantarkawung). Politika: Jurnal Ilmu Politik , Vol 5, No 2.

Ismillayli, N., Mardiana, L., Kurnianingsih, R., Hermanto, D., & Fahrurazi. (2018). Penerapan Metode Filtrasi, Adsorpsi dan Reverse Osmosis untuk Pengolahan Air Sungai menjadi Air Siap Minum. J. Pij ar MIPA , Vol. XIII No.1: 60-63.

Sevilla, & al, e. (2007). Research Methods. Quezon City: Rex Printing Company.

Downloads

Published

2019-03-29