IDENTIFIKASI NILAI LAJU DEOKSIGENASI DI DAERAH PADAT PENDUDUK (STUDI KASUS SUNGAI CICADAS, BANDUNG)

Authors

  • Yonik Meilawati Yustiani Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Sri Wahyuni Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Arry Akbar Abdul Kadir Fakultas Teknik - Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jcbeem.v3i1.1496

Keywords:

Laju deoksigenasi, limbah domestik, Sungai Cicadas

Abstract

Buangan limbah cair yang berasal dari kegiatan domestik mengandung BOD yang relatif tinggi. Secara alamiah, polutan organik yang masuk ke badan air penerima dapat didegradasi melalui proses self purification. Proses degradasi ini dapat direprestasikan dengan penurunan oksigen atau deoksigenasi, sedangkan laju deoksigenasi menandakan kecepatan degradasi tersebut berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai laju deoksigenasi di Sungai Cicadas, Bandung, yang memiliki pencemaran berat akibat buangan cair dari daerah padat penduduk. Metode yang digunakan adalah pengamatan laboratorium selama 10 hari pada sampel yang diambil di 3 titik. Pengolahan data yang dilakukan menggunakan Metode Slope. Selain itu, laju deoksigenasi juga dihitung menggunakan rumus empiris yang dikeluarkan oleh Hydroscience. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laju deoksigenasi berkisar antara 0,01 hingga 0,17 per hari. Jika dibandingkan dengan hasil perhitungan menggunakan rumus empiris, nilai ini sangat kecil. BOD ultimate yang diperoleh memiliki rentang antara 42,76 hingga 682 mg/L. Nilai laju deoksigenasi yang rendah ini memperlihatkan bahwa walaupun limbah dari kegiatan domestik mudah didegradasi, namun proses degradasi dapat berlangsung lambat akibat faktor-faktor penghambat yang kemungkinan terjadi pada sungai tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayudina, A. (2017). Penentuan Nilai Koefisien Laju Deoksigenasi di Sungai Citarum Segmen Tengah. Bandung: Tugas Akhir Prodi TL UNPAS.

Chapra, S. (2015). Surface Water Quality Modeling. New-Delhi: Medtech.

Yustiani, Y. M., Sri Wahyuni, S., & Alfian, M. R. (2018). Investigation on the deoxygenation rate of water of Cimanuk river, Indramayu, Indonesia. Rasayan J.Chem. , Vol 11, No. 2: 475-481.

Downloads

Published

2019-03-29