PENERAPAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

  • Edy Saputra STAIN Gajah Putih Takengon
  • Nurul Akmal IAIN Lhokseumawe

Abstract

Penelitian ini fokus pada peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah desain quasi experiment jenis pretest-posttest group design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga terpilih 39 orang siswa kelompok eksperimen dan 37 orang siswa kelompok kontrol pada kelas VIII SMP Negeri 1 Lembang Kabupaten Bandung Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa setelah diajarkan dengan pendekatan Creative Poblem Solving pada kelas ekperimen dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa setelah diajarkan dengan pendekatan biasa pada kelas kontrol. Analisis data dengan uji Mann Whitney untuk melihat peningkatan kemampuan koneksi matematis. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Creative Problem Solving lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2018
How to Cite
SAPUTRA, Edy; AKMAL, Nurul. PENERAPAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 137-144, dec. 2018. ISSN 2548-2297. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/1326>. Date accessed: 18 apr. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v3i2.1326.