TINGKAT PENGELOLAAN SAMPAH OLEH MASYARAKAT DI KAWASAN PERKOTAAN CIWIDEY

  • Karlita Ayu Suntari Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pasundan
  • Budi Heri Pirngadi Department of Urban and Regional Planning, Faculty of Engineering, Universitas Pasundan
  • Deden Syarifudin Department of Urban and Regional Planning, Faculty of Engineering, Universitas Pasundan http://orcid.org/0000-0002-2764-8822

Abstract

Kawasan Perkotaan Ciwidey sebagai pusat kegiatan perkotaan tidak terepas dari permasalahan terkait persampahan yaitu peningkatan timbulan sampah setiap harinya tidak diimbangi dengan adanya sarana dan prasarana pengelolaan sampah. selain itu aksesibilitas yang cukup jauh menghambat pendistribusian sampah dari Kawasan Perkotaan Ciwidey ke TPA. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk merumuskan arahan terkait pengelolaan sampah dengan berdasarkan kepada masyarakat (berbasis masyarakat) sebagai sumber penghasil sampah. Dalam perumusan arahan pengelolaan sampah berbasis masyarakat ini metoda analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Kondisi pengelolaan sampah saat ini di perkotaan Ciwidey meliputi 4 aspek persampahan, partisipasi/peran serta masyarakat, dan potensi masalah. Arahan pengelolaan sampah berbasis masyarakat berdasarkan hasil analisis yaitu peningkatan fungsi TPS menjadi TPS 3R, serta tersedianya bank sampah dan unit komposting. Penelitian penunjukan tingkat pelayanan persampahan oleh UPT sebesar 47%, sebagian besar masyarakat sudah melakukan pengurangan dan penanganan sampah, timbulan sampah di Kawasan Perkotaan Ciwidey mencapai 21.192 m3/hari, masih rendahnya tingkat penyadaran partisipasi masyarakat mulai dari pemahaman dan keingian masyarakat untuk mengelola sampah, 52% masyarakat tidak melakukan pembayaran untuk pengelolaan sampah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 22, 2018
How to Cite
SUNTARI, Karlita Ayu; PIRNGADI, Budi Heri; SYARIFUDIN, Deden. TINGKAT PENGELOLAAN SAMPAH OLEH MASYARAKAT DI KAWASAN PERKOTAAN CIWIDEY. Jurnal Planologi Unpas, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 917-924, mar. 2018. ISSN 2581-0081. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/planologi/article/view/929>. Date accessed: 18 oct. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.23969/planologi.v5i1.929.