Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Authors

  • Nais Pebriyani
  • Darojatun Nasihin
  • Ika Meika
  • R Poppy Yaniawati
  • Eka Firmansyah Universitas Pasundan

Keywords:

Kesalahan dalam menyelesaikan soal, SPLDV

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan jenis kesalahan pada siswa dalam menyelesaikan soal-soal SPLDV. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Mathla’unnawa Kartika. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes dan wawancara. Hasil tes menunjukan bahwa sebagian besar siswa masih melakukan  kesalahan dalam menyelesaikan soal SPLDV. Jenis kesalahan yang siswa lakukan adalah a)  siswa mengalami kesalahan dalam membaca perintah yang ditulis dalam soal, b) siswa mengalami kesalahan dalam  konsep metode eliminasi, konsep metode substitusi,konsep  metode campuran sehingga tidak dapat menyelesaikan apa yang diperintahkan soal tersebut, c) siswa mengalami kesalahan dalam menggunakan sifat penjumlahan dan sifat pengurangan dalam SPLDV, d) siswa mengalami kesalahan dalam  melakukan operasi pada bilangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hanifa., & Sari, A.T. V. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII MTs Di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal On Educatin. Vol. 01, No 02

Kastiyah.,& Arigiyati, A. T. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesiakan Persoalan Matematika Materi SPLDV.

Minaldi, I, Q., Halimah & Silvia. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesiakan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP”.

Rahayu, P. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV.

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel. Universitas Pesantren Darul Ulum.

Wiaya, K.N., (2018).Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesiakan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Gaya Kognitif.

Wulandari, D., & Harumi, E. (2014). Hasil Analisis Kesalahan Dalam Menyesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Peserta Didik SMK Antartika 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo.Vol. 2, No. 1.

Puspitasari, S. Y., & Edy, N. A.(2015). Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di SMP

Downloads

Published

2020-05-29