Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kreatif Siswa SMA

Authors

  • Ahmad Munawir

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v2i2.2480

Abstract

Penelitian yang berjudul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kreatif Siswa SMA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 8 Kota Bandung), dilatarbelakangi oleh rendahnyakemampuanberpikirkritisdankreatif yang merupakanpermasalahankomplek dalam pembelajaran matematika. Hal ini mengakibatkan rendahnya prestasi siswa pada penguasaan matematika. Apabila kondisi ini dibiarkan terus-menerus tanpa ada upaya untuk memperbaiki, dikhawatirkan siswa tidak akan berkompetensi dalam menguasai sains dan teknologi yang menjadi tuntutan jaman. Untuk itu, diperlukan berbagai upaya, diantaranya dengan menerapkan metode penemuan terbimbing dalam penelitian ini. Data penelitian ini diperoleh, dengan wawancara, angket, observasi, dantestulis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain: quasi eksperimen non-equivalent gruops pretest-posttest design dimana kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Teknik pengambilan sampel, bentuk Purposive Sampling, dengan subyek sampel siswa SMA kelas XI IPA. Hasilnya menunjukan bahwa: Penerapan model pembelajaran melalui pendekatan penemuan terbimbing memberikan kontribusi positif padapeningkatan kemampuan berpikir kritis kreatif matematika, sikap, dan aktivitas siswa, dibanding dengan siswa yang belajar matematika dengan model pembelajaran konvensional. Simpulan penelitian adalah melalui pendekatan penemuan terbimbing dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematika, sikap dan aktivitas siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-04-27