Model Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP

Authors

  • Cucu Ratnaningsih

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v2i2.2477

Abstract

Kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar adalah dua hal yang harus dimiliki siswa SMP untuk menyelesaikan masalah-masalah baik masalah yang berkaitan dengan matematika itu sendiri maupun berkaitan dengan mata pelajaran lain dan kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya untuk mengembangkan kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar siswa SMP adalah dengan memberikan pembelajaran yang lebih menekankan pada keaktifan siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen yang dilaksanakan di SMPN 1 Kotabaru Kabupaten Karawang dengan tujuan untuk menelaah kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), dan mendeskripsikan pendapat siswa serta guru terhadap model pembelajaran GI. Subjek sampel penelitian adalah 2 kelas yang diambil secara acak dari 14 kelas siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis, angket kemandirian belajar matematika, lembar observasi kegiatan pembelajaran, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini adalah kemampuan koneksi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran GI lebih baik dibandingkan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional, ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa, aspek mengevaluasi pembelajaran lebih dominan menentukan kemandirian belajar siswa, siswa dan guru memberikan pendapat bahwa model pembelajaran GI bisa digunakan pada materi lain di mata pelajaran matematika serta bisa digunakan pada mata pelajaran lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-04-27