Usaha Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Melalui contextual teaching and learning (CTL).

Authors

  • Saepuloh .

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v2i2.2472

Abstract

Rendahnya motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 2 Arjasari merupakan permasalahan yang menuntut guru untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu pendekatan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan disain penelitian berbentuk pretes-postes control goup desigh, yang bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pencapaian dan peningkatan motivasi belajar serta kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan contextual teaching and learning (CTL) serta bagaimana perbedaannya dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan (2) bagaimana korelasi antara motivasi belajar dan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Arjasari dengan sampelnya diambil secara acak dua kelas, satu kelas diberikan contextual teaching and learning (CTL) dan kelas yang satunya lagi dengan pembelajaran kovensional. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis serta angket motivasi dengan skala likert. Analisis data menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar dan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan contextual teaching and learning dan siswa dengan pembelajaran konvensional, (2) Terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan motivasi belajar dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan contextual teaching and learning dan siswa dengan pembelajaran konvensional, dan (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.  

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-04-27