Pasundan International of Community Services Journal (PICS-J) adalah sebuah jurnal yang bertujuan untuk menjadi wadah publikasi ilmiah untuk menuangkan gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil pengabdian kepada masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pasundan International of Community Services Journal (PICS-J) akan secara selektif mendiseminasikan gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil pengabdian kepada masyarakat, mengembangan pusat kajian pengabdian kepada masyarakat yang dapat menghasilkan karya inovatif, kreatif dan orisinal di tingkat nasional, regional dan internasional.

Munculnya perubahan paradigma tata kelola terbitan berkala ilmiah yang dimuat dalam Kebijakan Akreditasi oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kemenristek Dikti, serta didasarkan pada Peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 1 tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Ilmiah yang menerapkan sistem akreditasi berbasis elektronik dengan menggunakan aplikasi Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna), maka tata kelola jurnal hasil pengabdian kepada masyarakat dikembangkan menjadi sebuah terbitan berkala yang berbasis elektronik. Hal itu dilatarbelakangi dari adanya keinginan pemerintah agar jurnal-jurnal yang terbit di Indonesia terindeks oleh lembaga pengindeks yang bereputasi tinggi, sehingga untuk tahun sekarang ada kebijakan bahwa untuk jurnal offline itu adalah pilihan sedangkan untuk jurnal online itu wajib, bahkan ada wacana bahwa jurnal versi offline akan ditiadakan. Karena berbagai pertimbangan itulah dan tuntutan perkembangan zaman yang berbasis ICT (Information Communication and Technology), maka jurnal hasil pengabdian  kepada masyarakat dikembangkan berbasis OJS (Open Journal System).

Pasundan International of Community Services Journal (PICS-J) digagas dan didirikan pertama kali pada 25 Juli 2019. Adapun tujuan pendirian Pasundan International of Community Services Journal (PICS-J) tersebut adalah memberi wadah publikasi bagi penulis untuk menuangkan gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember.