STUDI EVALUASI KINERJA GURU KELAS MI BERSERTIFIKASI IJAZAH NON-PGMI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL DI KABUPATEN MAGELANG

Authors

  • Ahwy Oktra Diksa AOD
  • Minzani Aufa PGMI FAI Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v3i1.773

Keywords:

Kinerja Guru Kelas MI, Pedagogik, Profesional.

Abstract

Penelitian berjudul : Studi Evaluasi Kinerja Guru MI Bersertifikasi Ijazah Non-PGMI Terhadap Kompetensi Pedagogik dan Profesional Di Kabupaten Magelang. Tujuan penelitian 1) mengetahui tingkat ketercapaian penataan linieritas guru MI yang sesuai dengan kompetensi sertifikat pendidik, 2) mengetahui tingkat ketercapaian penataaan lineritas ijazah Non PGMI sebagai guru kelas MI. Penelitian ini merupakan field research dengan tahapan (1) telaah artikel ilmah dan dokumen sertifikat pendidik, (2) Observasi data, (3) Pengambilan data, (4) Pengujian Data, (5) Analisis Data.  Hasil penelitian : 1) tingkat ketercapaian penataan linieritas guru MI yang sesuai dengan kompetensi sertifikat pendidik menunjukan ketidakseimbangan dengan fakta yang sebenarnya berdasarkan data dokumentasi sertifikat pendidik dengan jumlah 23 guru kelas yang linier dengan ijazah PGMI, PGSD dan Mata pelajaran Penjaskes dan 29 guru kelas yang non linier dengan ijazah yaitu ijazah PAI dan Bahasa Inggris dan total guru yang tersertifikasi pendidikan berjumlah 52 guru dari 11 MI Muhamamdiyah yang diteliti, 2) mengetahui tingkat ketercapaian penataaan lineritas ijazah Non PGMI sebagai guru kelas MI dalam kinerja guru (kinierja perencanaan pembelajaran “selalu” dan “sering” dengan jumlah 64 %, kinerja pelakasanaan pembelajaran “selalu” dan “sering” dengan jumlah 56 %, kinerja evaluasi pembelajaran “selalu” dan “sering” dengan jumlah 91 %, kinerja disiplin tugas “selalu” dan “sering”  dengan jumlah 91 %), kompetensi pedagogik “selalu” dan “sering” dengan jumlah 87 % dan kompetensi profesional “selalu” dan “sering”  dengan  jumlah 71 % menunjukan keimbangan dengan tidak melihat latar belakang ijazah, disebabkan bukti dokumen sertifikat pendidik yang tertulis sebagai guru kelas maka belum ada kebijakan khusus bagi para guru tersertifikasi untuk melakukan penataan linieritas ijazah sebagai guru kelas MI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Jhon. W. Creswell, 2008. Education Research, Palnning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, USA : Prentice Hall.

Hadari Nawawi, 1996, Penelitian Terapan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press,.

Sudijono, Anas, 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.

________, 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method), Bandung : Alfabeta.

________, 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Uno Hamzah B. dan Nina Lamatenggo, 2012. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Jurnal :

Khodijah, Nyayu, 2013. Kinerja Guru Madrasah Dan Guru Pendidikan Agama Islam Pasca Sertifikasi Di Sumatera Selatan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Februari 2013, Th. XXXII, Nomor. 1. Hal. 91-101

Kartowagiran, Badrun, 2011. Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan. Th. XXX, Nomor. 3. Hal. 463-473

Kartomo, Andhika Imam. 2016, Evaluasi Kinerja Guru Profesional. Jurnal Kelola, Volume 3, Nomor 2, Juli-Desember 2016. Hal. 219-229

Koswara, Rasto. 2016, Kompetensi dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 1, Nomor 1, Agustus 2016, Hal. 64-74.

Nadeem; et.al, 2011. Teacher’s Competencies and Factors Affecting the Performance of Female Teachers in Bahawalpur (Southern Punjab) Pakistan. International Journal of Business and Social Science 2 (19), 218.

Downloads

Published

2018-07-15