PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGANNYA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ilmawati Fahmi Imron universitas nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v3i1.554

Keywords:

Scientific approach , problem based learning, social skill student, human and environment.

Abstract

ABSTRACT This research aims to describe the influence of the application scientific approach with problem based learning toward social skill of students material learning human and environment in primary school. This research using Quasi experiment with the research pretest-posttest control group designs. A subject of reseach is student  IVA and IVB singkalanyar 2 prambon nganjuk. Based on the results of the study were analyzed by using SPSS 19.0 points out that there is a scientific approach to the application of the influence model of problem-based learning based on social skills students on material learning human and environment in primary school. Evidenced by t count (18,076) > t tabel (2,021). Based on data analysis, we can conclude that the application of scientific approach problem based learning related to material learning human and environment in primary school can be used as the alternatives learning that might improve social skill students. Keywords: Scientific approach , problem based learning, social skill student, human and environment.   ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pendekatan scientific dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan sosial siswa materi manusia dan lingkungannya di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian Quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Pretest-posttest control group design. Subjek penelitian kelas IVA dan IVB SDN Singkalanyar 2 Prambon Nganjuk. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis dengan menggunakan SPSS 19.0 menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan scientific model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan sosial siswa pada materi manusia dan lingkungannya di Sekolah Dasar dibuktikan dengan t hitung (18,076) > t tabel (2,021). Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan scientific model pembelajaran berbasis masalah pada materi manusia dan lingkungannya di sekolah dasar dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat keterampilan sosial siswa.   Kata Kunci : Pendekatan scientific, model pembelajaran berbasis masalah, keterampilan sosial siswa, manusia dan lingkungannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Khoiru Iif. (2011). Mengembangkan pembelajaran IPS terpadu. Jakarta: PT. Prestasi putrakaraya.

Arends, Richard. (2008). Learning to teach. Yogyakarta: Pustaka belajar

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama widya.

Joyce, B.R., Weil, M., and Showers, B. (1992). Models Of Teaching. United states of America: York production services.

Mardiana, Anita. (2012). Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SDN Banaran Kertosono. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Mulyasa. (2013). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustaji & Sugiarso. (2005). Pembelajaran berbasis konstruktivistik penerapan pembelajaran berbasis masalah. Surabaya : Unesa university press.

Ngalimun. (2014). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nur, Mohamad. (2011). Model pembelajaran berdasarkan masalah. Surabaya:Pusat sains dan matematika sekolah unesa

Riyanto, Yatim. (2007). Metodologi penelitian pendidikan kualitatif dan kuantitatif. Surabaya: Unesa university press

Riyanto, Yatim. (2010). Paradigma baru pembelajaran sebagai referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jakarta: Kencana

Sagala, Syaiful.(2006). konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Skeel, D.J. (1995). Elementary Social Studies: Challenge For Tommorow’s World. New York: Harcourt Brace College Publishers

Slameto. (1996). Teknik evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudrajat, Ahmad. (2013).Diklat guru: Analisis materi ajarkonsep pendekatan scientific jenjang SD/SMP/SMA. Jakarta: Kemendikbud

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk penelitian.Bandung: Alfabeta.

Suhanadji & Waspodo. (2003). Pendidikan IPS. Surabaya: percetakan insan cendekia

Sunarto dan Hartono, Agung. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta:Rineka Cipta

Tilaar, dkk. (2011). Pedagogik kritis. Jakarta: Rineka Cipta

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis Dan Implementasinya. Jakarta: prestasi pustaka.

Winataputra, Udin dkk. (2007). Materi dan pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas terbuka

Yamin, Martinis. (2013). Strategi & metode dalam model pembelajaran.Jakarta: GP Press Group.

Downloads

Published

2018-07-15