POLA ASUH ORANG TUA TENTANG PENDIDIKAN SEKS KEPADA SISWA KELAS RENDAH

(PENELITIAN KUALITATIF DI SD NEGERI BATU CEPER 1 KOTA TANGERANG)

Authors

  • Christina Destaliani PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Asih Rosnaningsih Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Rizki Zuliani PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v3i2.549

Keywords:

Pola Asuh Orang Tua, Pendidikan Seks, Siswa Kelas Rendah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua tentang pendidikan seks pada siswa kelas rendah di SD Negeri Batu Ceper 01 Kota Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif tipe studi kasus pada tiga keluarga yang menerapkan pola asuh yang berbeda. Sampel pada penelitian ini adalah tiga siswa kelas 3 SD dan 3 orang tua siswa tersebut yang diambil dari teknik purposive sampling dan diperkuat oleh hasil screening awal. Instrumen yang digunakan pada pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menerapkan pendidikan seks kepada anak: 1) Orang tua otoritarian selalu melakukan kontrol dan menuntut kepatuhan, 2) Orang tua otoritatif mau memandu anak tetapi memberikan kebebasan berekspresi, dan 3) Orang tua otoritatif cenderung permisif mau memandu anak tetapi kurang melakukan kontrol.   Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Pendidikan Seks, Siswa Kelas Rendah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:

Alimul, Aziz. (2009). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia (Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan). Jakarta: Salemba Medika.

Brahim, T.K., Abdullah, K., & Hasan, N. (2015). Penelitian Ilmiah (Pengertian, Penerapan, Dan Pengetahuan Tambahan). Jakarta: Suara GKYE Peduli Bangsa.

Chomaria, Nurul. (2012). Pendidikan Seks untuk Anak. Solo: Aqwam.

Dariyo, Agus. (2013). Dasar-Dasar Pedagogi Modern. Jakarta: Indeks.

Djamarah, S.B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunarsa, S. D. (2009). Dari Anak Sampai Usia Lanjut. Jakarta: Gunung Mulia.

Mawardi. (2016). Modul Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Novi. (2015). Tanya Jawab Seputar Parenting (Masalah-Masalah Umum Orang Tua dalam Mendidik Anak). Yogyakarta: Flashbooks.

Papalia, Olds, & Feldman. (2008). Perkembangan Manusia Edisi 10. Human Development Edisi 10 Jakarta: Salemba Humanika.

Santana, S. (2010). Menulis Ilmiah Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi ke 2. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Jurnal Online dan artikel:

Abduh, M., & Wulandari, M.D. (2016). Model Pendidikan Seks pada Anak Sekolah Dasar Berbasis Teori Perkembangan Anak. Jurnal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Adiputra, Sofwan. (2011). Model-Model Analisis Data Kualitatif. Lingkaran Konseling Pusat Pembelajaran Bimbingan Dan Konseling. https://bkpemula.wordpress.com/2011/12/04/model-model-analisis-data-kualitatif/ (Diakses 6 Maret 2017)

Diah, Nella. (2016). Tujuan Pengasuhan. Diary Bunda Nella. http://diarybundanella.blogspot.co.id/2016/12/tujuan-pengasuhan.html (Diakses: 26 Desember 2016)

Halimi. (2014). Penelitian Studi Kasus (Desain & Metode). https://pascasarjana-halimi.blogspot.co.id/2014/12/penelitian-studi-kasus-desain-metode.html (Diakses 21 Maret 2017)

Icha. (2016). Pola Asuh Orang Tua dan Tujuannya. Rumah Bunda. http://www.rumahbunda.com/parenting/pola-asuh-pada-anak-dan-tujuannya/ (Diakses 26 Desember 2016)

Lestari, E., & Prasetyo, J. (2014). Peran Orang Tua dalam Memberikan Pendidikan Seks Sedini Mungkin di TK Mardisiwi Desa Kedondong Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Magetan: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr. Nugroho.

Pandawa Care Foundation. (2016). Pola Asuh Anak yang Efektif dalam Keluarga. Pandawa Care Foundation. http://www.pandawacare.or.id/2016/03/06/pola-asuh-anak-yang-efektif-dalam-keluarga/ (diakses 26 Desember 2016)

Wiendijarti, Ida. (2011). Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak dalam Pendidikan Seksual. Jurnal Ilmu Komunikasi. Program Studi Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’.

Skripsi:

Winarti. (2011). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak Usia 7-12 Tahun di Ketapang Tangerang. Skripsi. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Nisak, H.K. (2013). Pola Asuh Orang Tua dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak. Skripsi.

Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2019-02-02