PEMAHAMAN GURU KELAS AWAL SEKOLAH DASAR TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS BUDAYA

  • Nia Fatmawati FKIP Universitas Lampung
  • Kisno Kisno STKIP PGRI Metro Lampung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pemahaman guru kelas awal sekolah dasar tentang implementasi model pembelajaran terpadu berbasis budaya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 27 lembaga sekolah dasar dengan jumlah 46 orang guru kelas awal.  Lokasi penelitian dilakukan pada beberapa lembaga sekolah dasar di kota Metro. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik cluster random sampling. Teknik dan pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen berupa rencana pelaksanaan pembelajaran terpadu. Data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru tentang pembelajaran terpadu berbasis budaya mencapai 61,15%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 13, 2017
How to Cite
FATMAWATI, Nia; KISNO, Kisno. PEMAHAMAN GURU KELAS AWAL SEKOLAH DASAR TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS BUDAYA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 119-134, nov. 2017. ISSN 2548-6950. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/502>. Date accessed: 27 apr. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v2i1.502.