PENGARUH PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR

  • Candra Puspita Rini Universitas Muhammadiyah Tangerang

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui efektif atau tidaknya pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Quasi Eksperimen. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : “Terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society)” dengan siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Panunggangan 8 Kota Tangerang, Provinsi Banten. Sampel yang diteliti sebanyak 54 siswa kelas III yang terdiri dari 27 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk tes pilihan ganda. Penelitian menunjukan bahwa hasil tes akhir kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan uji-t diperoleh thitung = 2,662 dan ttabel = 2,000 hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) lebih efektif dibandingkan pendekatan konvensional untuk mempengaruhi keterampilan proses sains siswa Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 20, 2017
How to Cite
RINI, Candra Puspita. PENGARUH PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 56-64, sep. 2017. ISSN 2548-6950. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/450>. Date accessed: 21 oct. 2017. doi: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v2i1.450.