PENINGKATAN KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM MATA KULIAH PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK

  • Yeni Nuraeni universitas muhammadiyah tangerang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa melalui pendekatan saintifik. Penelitian dilaksanakan di Universitas Muhammadyah Tangerang mulai bulan Maret – Mei 2017 dengan subjek penelitian 30 mahasiswa tahun ke II. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, dokumentasi, dan observasi. Pada tahap analisis data menggunakan analisis kualitatif model Miles & Huberman yang meliputi reduksi untuk penyederhanaan data, display dengan menggunakan tabel, grafik, dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa  matakuliah pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa. Berdasarkan hasil observasi terhadap keaktifan mahasiswa dalam mata kuliah  pembelajaran tematik  pada pra siklus   memperlihatkan bahwa keaktifan 60% dalam kategori kurang. Pada siklus I mulai terjadi peningkatan yaitu tidak ada mahasiswa yang berada pada kategori kurang, 85% berada pada kategori cukup dan 15% berada pada kategori baik dari jumlah 30 mahasiswa. Sedangkan pada siklus II keaktifan mahasiswa dalam mata kuliah pembelajaran tematik lebih baik proses pembelajaran  sudah memunculkan suasana  yang merangsang mahasiswa untuk  aktif dengan kenyataan bahwa dari 20 indikator yang diobservasi, 30%  berada pada kategori cukup dan 70% pada kategori baik. Dosen  menggunakan pendekatan saintifik yang menarik mahasiswa untuk aktif melakukan eksplorasi terhadap pengetahuan, informasi, konsep-konsep yang dipelajari dalam mata kuliah pembelajaran tematik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 20, 2017
How to Cite
NURAENI, Yeni. PENINGKATAN KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM MATA KULIAH PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 43-55, sep. 2017. ISSN 2548-6950. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/449>. Date accessed: 21 oct. 2017. doi: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v2i1.449.