THE EFFECT OF MEDIA VISUAL IN THREE DIMENSIONS TOWARDS THE RESULT OF MATH LEARNING AT ELEMENTARY SCHOOL

Authors

  • Muhammad Fendrik Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v2i1.447

Keywords:

Media Visual Tiga Dimensi, Hasil Belajar Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain non equivalent control group designs yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan media visual tiga dimensi dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan media dua dimensi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru dengan siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Tahapan awal pada penelitian ini adalah memberikan tes awal terhadap kelas kontrol dan eksperimen, selanjutnya menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media visual tiga dimensi pada kelas eksperimen dan media visual dua dimensi pada kelas kontrol. Langkah terakhir yaitu memberikan tes akhir pada kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan taraf signifikan 0,05 yang ditunjukkan dari rata-rata tes awal (pretest) kelas eksperimen 54,96 menjadi 79,13 pada tes akhir (postest) dengan rata-rata peningkatan (gain) 0,54 (termasuk kategori sedang). Sedangkan kelas kontrol memiliki peningkatan rata-rata tes awal (pretest) dari 55,67 menjadi 64,33 pada tes akhir (postest) dengan rata-rata peningkatan (gain) 0,05 (termasuk kategori rendah).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asrotun. (2014). Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. (Skripsi) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri, Jakarta.

Bahri, S & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fendrik, M. (2015). Analisis Kemampuan Habits of Mind Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Pengembangan Pendidikan 2 (2): 80-91. PGSD FKIP Universitas Sriwijaya. Palembang.

Mumtahanah, N. (2014). Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran PAI. Al-Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 4 (1): 91-104.

Nirmala. (2009). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Habits of Mind untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Dasar. (Tesis) Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Norvelly. (2010). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 003 Peranap. (Skripsi). FKIP Universitas Riau, Pekanbaru.

Nurihsan, J & Agustin, M. (2011). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja: Tinjauan Psikologi, Pendidikan, dan Bimbingan. Bandung: Refika Aditama.

Rima, E. (2016). Ragam Media Pembelajaran.Yogyakarta: Kata Pena.

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda karya.

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R dan Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Undang-Undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

Downloads

Published

2017-09-20