EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MERESPON SISWA SEKOLAH DASAR

  • ratih wulandari universitas negeri semarang

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya siswa dalam merespon pertanyaan yang diajukan oleh guru yang berpengaruh terhadap hasil / prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran IPA di SDN Cibadak 1 Kota Bandung khususnya di kelas V pada materi peredaran darah pada manusia dengan menggunakan model pembelajaran Talking stick. Penelitian Tindakan kelas ini berlangsung dalam 2 siklus.
Dari hasil dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan: Pertama Hasil penelitian yang diperoleh yaitu adanya peningkatan kemampuan merespon siswa pada materi peredaran darah, pada siklus 1 terdapat 40,7% siswa yang mempunyai kemampuan merespon yang baik. Kedua Pada pelaksanaan siklus 2 merupakan perbaikan dari siklus 1 dan kemampuan merespon siswa mengalami peningkatan. menjadi 88,3 %. Selain itu juga adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 yang memenuhi KKM sebesar 45% dan pada siklus 2 terdapat 85,2%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Talking stick dapat meningkatkan kemampuan merespon siswa pada pembelajaran IPA materi peredaran darah di kelas V SDN Cibadak 1. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Talking stick dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 20, 2017
How to Cite
WULANDARI, ratih. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MERESPON SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 33-43, sep. 2017. ISSN 2548-6950. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/348>. Date accessed: 21 oct. 2017. doi: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v2i1.348.