ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN IPS SISTEM DARING DI KELAS IV.3 SDN PAKUJAJAR CBM

Authors

  • Dedi Tsabit PGSD UMMI
  • Arsyi Rizqia Amalia PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maula PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2917

Keywords:

Analisis, Pemahaman Konsep, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan pemahaman konsep IPS pada materi “kegiatan ekonomi” ketika menggunakan video pembelajaran dengan sistem daring di kelas IV.3 SDN Pakujajar CBM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Penulis bertindak sebagai instrumen pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction), Penyajian data (data display), dan conclusion drawing/verification. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV.3 tahun ajaran 2019/2020. Jumlah siswa sebanyak 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep IPS pada materi kegiatan ekonomi, 7 siswa mendapatkan nilai tertinggi, sedangkan 1 siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM. Semua indikator dapat dikuasai siswa, namun terdapat beberapa kategori yaitu tinggi dengan sangat tinggi. Kategori sangat tinggi dapat dipersantasekan sebanyak 96% pada indikator mencontohkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50.

Ahmad. (2014). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Pelajaran Ips Melalui Model Pembelajaran Picture. Jurnal Pendidikan, 1(2), 34–41.

Anderson, L. W., & Karthwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anshori, S. (2014). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos, III(2), 59–76.

Aqib, Z., Diniati, E., Jaiyaroh, S., & Khotimah, K. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya.

Bilfaqih, Y., & M. Nur Qomarudin. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring Panduan Berstandar Pengembangan Pembelajaran Daring untuk Pendidikan dan Pelatihan (1st ed.). Yogyakarta: CV Budi Utama Deepublish.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137.

Fatimah, S. (2017). Analisis Pemahaman Konsep IPA Berdasarkan Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Multirepresentasi, Jenis Kelamin, Dan Latar Belakang Sekolah Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 57–70.

Grasindo, T. (2017). Hafal Mahir Materi IPS (Erwanda, ed.). Jakarta: PT Grasindo.

Latifah, U. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep IPS Melalui Penerapan Metode Active Learning Tipe Index Card Match Pada Siswa Kelas VA SD NgotoTahun Pelajaran 2016/2017 (Universitas Negeri Yogyakarta; Vol. 14).

Mabruroh, L. I. A. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII di SMP Negeri I Sumbergempol. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151.

Sapriya. (2015). Pendidikan IPS (D. Effendi, Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Satori, D., & Komariah, A. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suci, C. T. R. (2020). Pengaruh Work From Home ( WFH ) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi Covid-19. EduPsyCounsJournal, 2(1).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sundari, K., & Andriana, S. (2018). Upaya Meningkatkaan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Artikulasi Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDIT An-Nadwah Bekasi. Pedagogik, VI(2), 109–116.

Supardan, D. (2015). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran dari Zaman Klasik sampai Behaviorisme. Bandung: Yayasan Rahardja.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar (1st ed.). Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2020-07-04

Most read articles by the same author(s)