MENGEMBANGKAN PENGUASAAN KONSEP SAINS DAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS BIMBINGAN

(Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif di SD kelas 1 Kebon Gedang Kota Bandung Tahun Ajaran 2014)

Authors

  • Yuni Indriani Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v1i1.289

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui peningkatan penguasaan konsep sains dankarakter siswa melalui pembelajaran berbasis bimbingan di kelas satu. Penelitiandilakukan pada tahun akademik 2014-2015 di Sekolah Dasar Negeri KebonGedang. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatifdengan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif. Partisipan penelitian adalah25 siswa yang terdiri dari 15 perempuan dan 10 laki-laki, dan rentang usia 6-7tahun. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studidokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis tematik. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis bimbingan dapatmengembangkan penguasaan konsep sains dan karakter kerjasama, disiplin,gemar bertanya, tanggung jawab, kerja keras secara bertahap setiap siklusnya.Pembelajaran berbasis bimbingan dapat menjadi alternatif pendekatan bagi siswadikelas satu sekolah dasar.Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Bimbingan, Penguasaan Konsep, PendidikanSains, Kelas Satu dan Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-04-01