PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL MMP BERBANTUAN MODUL ETNOMATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN WONOSEKAR

Penelitian Tindakan Kelas

Authors

  • Siti Hannah Nur Fadzillah PGSD FKIP Universitas Muria Kudus
  • Jayanti Putri Purwaningrum PMAT FKIP Universitas Muria Kudus
  • Savitri Wanabuliandari PMAT FKIP Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2796

Keywords:

Problem Solving Skill, MMP, Ethnomatematics Module

Abstract

This study aims to describe the application of the MMP (Missouri Mathematic Project) model assisted by the ethnomatematics module to improve students' mathematical problem solving abilities and skills in mathematics, as well as how much the teacher's teaching skills can be improved through the MMP (Missouri Mathematic Project) model assisted by the ethnomatematics module. Data collection techniques used in this study consisted of tests and non-tests. The results of the study there are improvements that include the mathematical problem solving ability of students in the first cycle (70%) increased to (85%) cycle II, then an increase in the teaching skills of the first cycle teacher (78%) increased to (91%) cycle II, and skills students' mathematical problem solving also increased in cycle I (65%) to (95%) cycle II. This proves that the application of MMP (Missouri Mathematic Project) learning model assisted by ethnomatematics modules can improve mathematical problem solving abilities and skills as well as teacher teaching skills.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diantari, A, Gading, K, dan Japa, N. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Realistik Berbantuan Lks Terhadap Hasil Belajar Matematika. JIPP: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (2).

Dwiningrat, A.A, Suniasih, dan Manuba, Surya. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. E-journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1).

Fatmahanik, Ulum. 2016. Realistic Mathematic Education (RME) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. IBRIES: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. Vol. 1 (1).

Giarti, Sri. 2014. Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pbl Terintegrasi Penilaian Autentik Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Bengle, Wonosegoro. Scholaria, Vol.4 (3).

Jati, Suryandaru Prasetyo, Mastur, Z, dan Asikin, M. 2019. Potensi Etnomatematika untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 277-286. Universitas Negeri Semarang,

Kania, Nia dan Arifin Zaenal. 2019. Analisis Kesulitan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Prosedur Newman. SJME: Supremum Journal of Mathematics Education. 3 (1), 57-66.

Nasution, Ahmad Sukri dan Rangkuti. Darmina. E.S. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Prosiding Seminar Nasional & Exspo Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, 2019.

Oktavianti, Ika, dkk. 2017. Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasioanl Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan berbudi Pekerti. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus, Kudus 15 Maret 2017.

Purwaningrum, J. P. 2016. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika, 6 (2): 145-157

Roebyanto, Goenawan dan Harmini, Sri. 2017. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sapitri, Yesi, Utami, Citra dan Mariyam. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel, 2 (1), 16-23.

Ulya, H dan Rahayu, R. 2017. Pembelajaran Etnomatematika Untuk Menurunkan Kecemasan Matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematikan dan Pendidikan Matematika, 2 (1), 16-23.

Wanabuliandari, Savitri dan Purwaningrum, Jayanti Putri. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Gusjigang Kudus Pada Siswa Slow Learner. EduMa, 7 (1), 2086-3918

Wilianto, Irfan, 2018. Efektifitas Penerapan Discovery Learning Berbasis Media Tangram terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi Tidak diterbitkan. Kudus: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMK Kudus.

Winarni, Endang Setyo dan Harmini, Sri. 2011. Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Downloads

Published

2020-07-08