REVOLUSI KOGNITIF MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN TEORI BRUNER DALAM MENYEMPURNAKAN PENDEKATAN PERILAKU (BEHAVIOURAL APPROACH)

  • Rochanda Wiradintana

Abstract

Tulisan ini merupakan sebuah pemikiran dan kajian atas kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya mengenai desain pembelajaran yang berbasis kepada penerapan teori belajar bruner. Dalam setiap kegiatan belajar mengajar, hasil belajar selalu dijadikan tolak ukur, apabila hasil belajar tidak sesuai dengan harapan maka dikatakan kegiatan belajar mengajar tersebut belum memadai. Melihat kondisi seperti ini sudah selayaknya bagaimana dilakukan upaya agar hasil belajar yang diperoleh memuaskan. Perkembangan teori belajar mengalami banyak perubahan dalam perjalanannya, salah satu teori yang berkembang pada saat ini adalah teori behaviouristik yang secara jelas menekankan bahwa perilaku yang muncul dari peserta didik merupakan hasil belajar. Namun pada praktiknya perilaku yang muncul dari hasil belajar, tidak dengan sendirinya akan terbentuk dan terlihat tanpa adanya proses belajar yang baik. Atas dasar hal inilah ternyata pengembangan pembelajaran berorientasi proses sangat penting seperti yang dilakukan oleh Bruner. Dengan melihat implementasi yang telah dilakukan tersebut maka teori belajar bruner dapat menyempurnakan hasil belajar yang akan berdampak pada perilaku peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 31, 2018
How to Cite
WIRADINTANA, Rochanda. REVOLUSI KOGNITIF MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN TEORI BRUNER DALAM MENYEMPURNAKAN PENDEKATAN PERILAKU (BEHAVIOURAL APPROACH). OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 47-51, may 2018. ISSN 2549-2284. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/919>. Date accessed: 19 aug. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v2i1.919.
Section
Articles