Optimalisasi Pemanfaatan Media Internet dalam Pembelajaran melalui Blended Learning

  • Ratna Tiharita

Abstract

Pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan menjadi keharusan agar dapat merubah sistem pembelajaran yang konvensional atau tradisional. Internet menjadi salah satu media dan bahan belajar yang sangat kaya informasi, dan multi konten. Pada dasarnya internet merupakan media yang baik apabila dimanfaatkan secara benar dan tepat. Beragamnya konten yang tersedia di internet tentu merupakan sebuah ancaman juga bagi perkembangan siswa. Sebagai upaya untuk menyeimbangkan pembelajaran agar tetap kontekstual, terarah, dan berbasis teknologi informasi, dikembangkanlah sebuah pembelajaran campuran yang memadukan antara pembelajaran e-learning dengan pembelajaran tradisional, yang disebut Blended Learning. Melalui hasil kajian teori dan eksperimen yang telah dilakukan, dalam tulisan ini penulis menyatakan penegasan bahwa penggunaan internet dalam pembelajaran dapat di optimalkan melalui model pembelajaran Blended Learning.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 31, 2018
How to Cite
TIHARITA, Ratna. Optimalisasi Pemanfaatan Media Internet dalam Pembelajaran melalui Blended Learning. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 24-31, may 2018. ISSN 2549-2284. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/917>. Date accessed: 20 june 2018. doi: http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v2i1.917.