Penerapan Metode Inkuiri dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Pemanfaatan lingkungan : sumber belajar IPS : berpikir kritis : metode inkuiri.

  • Isye Ramawati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang  terjadi pada guru yaitu belum memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran yang optimal, sehingga peserta didik banyak yang tidak mengenal lingkungan sekitar dan kurang memiliki kepedulian terhadap lingkungannya. Kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis masih sangat terbatas, sehingga hasil belajar yang diperoleh belum maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu  bagaimana kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran melalui metode inkuiri, dengan yang tidak memanfaatkan lingkungan sekitar melalui metode ceramah, serta mengetahui respon peserta didik dan kendala guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Metode inkuiri diterapkan agar  peserta didik diharapkan mampu berpikir kritis yang di dalamnya terdapat indikator-indikator : orientasi pada masalah, belajar meneliti, pemecahan masalah, mengembangkan dan menyajikan hasil pemecahan masalah dan menganalisa proses pemecahan masalah melalui  pengamatan lingkungan yaitu Kawasan Punclut yang merupakan  kawasan yang terletak di Bandung Utara. Kawasan ini merupakan bagian dari cekungan Bandung yang memiliki kondisi alam dan keterkaitan ekosistem yang sangat penting untuk menjadi kawasan hutan lindung, dan sebagai salah satu generator iklim mikro serta entry point bagi penataan kawasan Bandung Utara, dimana indikator yang diteliti adalah vegetasi, kemiringan lereng, pola penggunaan lahan dan kedalaman air tanah (dilihat dari kedalaman sumur gali). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMPN 52 Bandung tahun ajaran 2012-2013. Metode penelitian yang dipakai adalah classrom action research dengan teknik pengumpulan data berupa pedoman observasi di lapangan, observasi di dalam kelas, tes berpikir kritis, dan wawancara kepada guru dan peserta didik. Secara umum hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan berpikir kritis pada kelas yang memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dapat meningkatkan cara berpikir kritis peserta didik. Rekomendasi yang dapat disampaikan : 1) Dibutuhkan kepiawaian guru untuk merancang perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan lingkungan yang berada di sekitar sekolah. 2) Sebelum peserta didik memanfaatkan lingkungan sekitarnya, hendaknya mereka dibekali wawasan keilmuan dan hubungan sosial dengan masyarakat sebagai landasan dasar berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 14, 2017
How to Cite
RAMAWATI, Isye. Penerapan Metode Inkuiri dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 87-100, apr. 2017. ISSN 2549-2284. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/279>. Date accessed: 18 oct. 2017. doi: http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v1i1.279.
Section
Articles