Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah ( problem based learning ) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Peajaran Ekonomi

Metode Pembelajaran: Berbasis Masalah (problem based learning): Berpikir Kreatif

  • Annur Fitri Hayati
  • Khairi Murdy
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v1i1.235

Abstrak

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Lembang Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent pretest-post test control group design. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan SPSS versi21 dengan statistik parametik, uji perbedaan rata-rata (paired samples t-test dan independent samples t-test), gain score dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Berbasis Masalah (problem based learning) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional (ceramah). Penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa lebih baik dibanding metode Konvensional.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
Mar 20, 2017
##submission.howToCite##
HAYATI, Annur Fitri; MURDY, Khairi. Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah ( problem based learning ) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Peajaran Ekonomi. , [S.l.], v. 1, n. 1, p. 61-71, mar. 2017. ISSN 2549-2284. Tersedia pada: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/235>. Tanggal Akses: 14 des. 2017 doi: http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v1i1.235.
Bagian
Articles