EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII D di SMPN 1 Pacet - Cianjur)

  • Firman San Jaya Unpas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pembelajaran IPS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Pacet Cianjur kelas VII D. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok tunggal pre-test dan post test. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada pengukuran awal (pre-test) dan setelah pengukuran (post test). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapakan pembelajaran pendekatan saintifik, dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Secara statistik ada perbedaan antara nilai pada saat pre- test dan post test. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatan saintifik merupakan salah satu model pembelajaran efektif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, maka dianjurkan untuk menerapkan pembelajaran pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS dengan memperhatikan perbedaan individu yang beorientasi kepada kemampuan berpikir kritis yang santun, dan membuat perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. 
 
Kata Kunci: pendekatan saintifik, berpikir kritis

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 5, 2019
How to Cite
JAYA, Firman San. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII D di SMPN 1 Pacet - Cianjur). OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 19-27, feb. 2019. ISSN 2549-2284. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/1405>. Date accessed: 18 june 2019. doi: http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v3i1.1405.
Section
Articles