THE THE EFFECT OF PERSONALITY COMPETENCE AND PEDAGOGIC COMPETENCY OF TEACHERS ON LEARNING ACHIEVEMENT OF STUDENTS OF CLASS VIII SMP 1 SUKATANI

Authors

  • fernando saragih UPI

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v3i1.1403

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk menganalisis apakah kompetensi kepribadian dan kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pada kelas VIII mata pelajaran IPS. Penelitian menggunakan metode survey dengan teknik penyebaran angket kepada 40 responden dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian dan kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa yaitu Y = 24,487 + 1,494 X1 + 0 ,914 X2 dan hasil ini juga diperkuat dengan hasil uji T dan uji F dimana variabel kompetensi kepribadian dan kompetensi pedagogik memiliki nilai t hitung > t tabel yaitu  2,931>1.69726 dan 2,110 > 1.69726 sedangkan pada f hitung diperoleh niai 10,875. Hal ini menunjukkan bahwa fhitung > ftabel (10,875 > 3,35), sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kompetensi kepribadian dan kompetensi pedagogik guru maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-02-05

Issue

Section

Articles