Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Penyerahan naskah dimulai disini dan diberikan kepada editor untuk penugasan.
  • Naskah akan melalui proses peer review dan keputusan untuk pengeditan.
  • Naskah melalui proses copyediting, layout, dan proofreading.
  • Naskah menunggu antrian untuk dimasukan dalam volume terkait.
  • Naskah diurutkan untuk publikasi.

Author Guidelines

Petunjuk untuk penulis


Kerahasiaan. Hubungan Penulis – Penyunting didasarkan pada kerahasiaan. Semua komunikasi antara penulis dan penyunting dalam konteks naskah khusus yang akan diadakan bersifat rahasia. Penulis harus menunjuk kontak tertentu untuk komunikasi tentang seluruh naskah yang ditelaah dan (jika diterima) dalam proses penerbitan. Penulis harus memperhatikan kebijkan jurnal untuk komunikasi dengan mitra bestari eksternal. Kebijkan dapat bervariasi tergantung pada penggunaan mitra bestari bertopeng (masked) atau tidak (non masked) dan harus memperhatikan kebijkan embargo jurnal sebelum publlikasi.


Pengungkapan (Disclosure). Penulis memiliki tanggung jawab untuk berterus terang bila memenuhi persyaratan pengajuan jurnal. Hal ini mencakup pengungkapan tentang keaslian konten, pernyataan kontribusi dari seorang penulis untuk penelitian, keuangan dan konflik kepentingan (beberapa jurnal juga membutuhkan pernyataan tentang status peraturan dari setiap aperangkat yang digunakan dalam penelitian ini), dan, jika ada, pernyataan kesesuaian dengan standar untuk penelitian subyek manusia. Penulis harus mengharapkan penyunting untuk mempublikasikan semua pengungkapan yang relevan dengan naskah yang diterima mereka.


Keaslian (Originality). Para penulis harus memberikan pernyataan yang membuktikan keaslian penelitian mereka yang telah diajukan untuk ditelaah. Keaslian sangat penting karena banyak jurnal memiliki ruang terbatas dan penyunting dapat memberikan prioritas rendah pada studi yang terlepas dari akurasi dan validitas ilmiah. Beberapa jurnal dapat meminta penulis untuk memberikan salinan dari laporan penelitian lain (artikel, naskah, abstrak) terkait dengan penelitian yang sedang dipertimbangkan.


Contributorship. Beberapa jurnal menggunakan bentuk contributorship, (penulis membuktikan kontribusi secara khusus). Penulis dapat berharap bahwa penyunting akan mempublikasikan laporan naskah yang mereka terima.


Pengungkapan Konflik Kepentingan dan Keuangan. Banyak jurnal memerlukan penulis untuk mengungkapkan sumber pendanaan untuk penelitian. Penulis harus mengungkapkan semua sumber dana (pemerintah, perusahaan, lainnya) dan setiap produk atau jasa (seperti bahan dan peralatan, analisis statistik, dan penulisan ilmiah) yang disediakan oleh pihak ketiga dalam melakukan penelitian dan melaporkan temuan (penulisan medis, analisis statistik).


Pernyataan Perangkat. Beberapa jurnal membutuhkan penulis untuk memberikan keterangan tentang status peraturan dari setiap perangkat yang digunakan dalam penelitian mereka.


Penelitian Subjek Manusia. Seluruh jurnal memerlukan penegasan formal penelitian subyek manusia yang diajukan dan/atau disetujui oleh dewan peninjau kelembagaan mengacu pada Deklarasi Helsinki yang menyatakan bahwa para peneliti dalam melakukan penelitian harus menyesuaikan dengan standar penelitian, termasuk di dalamnya mendapatkan informasi kategori informed consent.


Aturan Penulisan Jurnal OIKOS (Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi) Click Here