PENERAPARAN TEKNIK 3P (PELIPUTAN, PENULISAN, PENYUNTINGAN) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EDITORIAL PADA MAHASISWA STKIP SILIWANGI BANDUNG

Kata kunci: teknik pembelajaran, peliputan, penulisan, penyuntingan, editorial

  • Diena San Fauziya STKIP Siliwangi
  • Alfa Mitri Suhara STKIP Siliwangi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan menulis pada mahasiswa dan inovasi dalam penerapan teknik pembelajaran. Adapun tujuan yang hendak dicapai adalah menguji efektivitas teknik 3P dalam pembelajaran menulis teks editorial pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Siliwangi Bandung. Dalam lingkup lain, penelitian ini bertujuan untuk mendukung visi dan misi STKIP Siliwangi, yakni melakukan penelitian di bidang pendidikan yang berorientasi pada pengembangan ilmu dan teknologi untuk mengembangkan pembelajaran sehingga menghasilkan proses pembelajaran yang bermutu dan relevan dengan harapan dan kebutuhan masyarakat di era globalisasi. Dalam mencapai tujuan tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain control group pretest-postest design. Dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan program SPSS, diperoleh simpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai kemampuan menulis teks editorial di kelas yang menggunakan dengan yang tidak menggunakan teknik 3P. Simpulan ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 dengan perhitungan uji t idenpendent sample teitorial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 10, 2018
How to Cite
FAUZIYA, Diena San; SUHARA, Alfa Mitri. PENERAPARAN TEKNIK 3P (PELIPUTAN, PENULISAN, PENYUNTINGAN) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EDITORIAL PADA MAHASISWA STKIP SILIWANGI BANDUNG. LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1-9, sep. 2018. ISSN 2549-2594. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/722>. Date accessed: 17 nov. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.23969/literasi.v8i1.722.