PENERAPAN MODEL SINEKTIK BERORIENTASI BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA SMP

Model sinektik: berpikir kreatif: teks deskripsi

Authors

  • Yanti Sri Rahayu Universitas

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v7i2.536

Abstract

Penerapan Model Sinektik Berorientasi Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Siswa SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji: (a) Perbedaan kemampuan menulis teks deskripsi siswa yang menggunakan pembelajaran model sinektik dan pembelajaran konvesional, (b) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pembelajaran model sinektik dan pembelajaran konvensional, (c) korelasi antara menulis teks deskripsi dengan berpikir kreatif. Metode penelitian adalah Mix Method tipe The Embedded Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lembang, dan sampel dipilih secara acak atau (random sampling), yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa tes kemampuan menulis teks deskripsi berpikir kreatif dan soal non tes berupa angket dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: Kemampuan menulis teks deskripsi siswa yang menggunakan model sinektik lebih baik dibandingan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvesional. Kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pembelajaran model sinektik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvesional. Terdapat korelasi antara kemampuan menulis teks deskripsi dengan berpikir kreatif yang menggunakan model pembelajaran sinektik dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sedang untuk pembelajaran konvesioanal tidak terdapat korelasi antara menulis teks deskripsi dengan kemampuan berpikir kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-11-25