PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MAHASISWA YANG PERAKTIK DI LABORATORIUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Bercerita: Alat Peraga: Keterampilan: Berbicara: Bahasa

  • Aries Setia Nugraha

Abstract

Kemampuan berbahasa dikalangan mahasiswa penting adanya. Bercerita dengan alat peraga dapat digolongkon sebagai kegiatan berbicara yang kreatif. Kemampuan berbahasa seseorang dalam pelaksanaannya dabat dilihat dari kemampuannya menyandikan lambang-lambang tulis menjadi lambang lisan. Sekaitan dengan hal tersebut kemampuan kreatif dalam bidang bahasa lisan adalah dengan bercerita. penggunaan alat peraga dapat meningkatkan keparcayaan diri dan kesukaan terhadap kegiatan ini. Berdasarkan hasil penelitian sederhana didapatkan rata nilai hasil siswa adalah 4,03 berdasarkan sekala penilaian 5 = baik sekali, 4= baik, 3 = cukup, 2 = Kurang, 1 = Kurang sekali. maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata penilaian dapat dikategorikan pada kategori baik. Paparan dan hasil pengolahan data penelitian maka, alat peraga merupakan media efektif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bercerita. Tanpa disadari seorang pendongeng akan merasa percaya diri dan yakin membawakan cerita saat kepercayaan diri tumbuh dalam dirinya. Penggunaan alat peraga pada hakikatnya mampu menimbulkan minat untuk bercerita.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 6, 2017
How to Cite
NUGRAHA, Aries Setia. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MAHASISWA YANG PERAKTIK DI LABORATORIUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 153-159, nov. 2017. ISSN 2549-2594. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/535>. Date accessed: 23 jan. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.23969/literasi.v7i2.535.