MODEL SINEKTIK BERORIENTASI BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA (KUASI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP PGII 2 BANDUNG)

Model Sinektik: Berpikir Kreatif: Menulis Naskah Drama

  • Eggie Nugraha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model sinektik dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan the randomized pretest-posttest control group design terhadap siswa kelsa VIII SMP PGII 2 Bandung. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak (random) yang berjumlah 23 siswa di kelas eksperimen dan 23 siswa di kelas kontrol. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes tertulis menulis esai, observasi, angket dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan cara menganalisis data dan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan data berupa kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakna model sinektik tes akhir diperoleh pretes rata-rata kelas kontrol = 50,96 dan kelas eksperimen = 51,48. Postest rata-rata kelas kontol = 71,83 kelas eksperimen = 84 dengan signifikansi p = 0,0 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan skor tes akhir kemampuan menulis naskah drama antara siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini berarti bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa kelas eksperimen yang menggunakan model sinektik lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 31, 2017
How to Cite
NUGRAHA, Eggie. MODEL SINEKTIK BERORIENTASI BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA (KUASI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP PGII 2 BANDUNG). LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 121-131, oct. 2017. ISSN 2549-2594. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/511>. Date accessed: 23 apr. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.23969/literasi.v7i2.511.