KAJIAN KODE BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA DALAM KUMPULAN CERPEN PILIHAN KOMPAS 2013 SEBAGAI PEMILIHAN BAHAN AJAR PROSA FIKSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA INDONESIA DAN DAERAH FKIP UNPAS BANDUNG

Kode Bahasa: Kode Sastra: Kode Budaya: Bahan Ajar

  • Setiawan Setiawan Universitas Pasundan

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui karakteristik cerpen Kompas 2013 melalui pendeskripsian hasil analisis sistem kode dan pemananfaatan sebagai bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis, artinya setiap data yang diperoleh dianalisis. Data kualitatif diperoleh dari hasil analisis terhadap karya sastra sesuai menurut teori telaah sastra. Berdasarkan hasil analisis terhadap kode bahasa, empat cerpen pilihan kompas mempunyai karakteristik kode bahasa yang berbeda satu sama lainnya. Kode sastra, tergambarkan pada ragam gaya bahasa yang dibuat pengarang. Kode budaya dalam empat cerpen ini memiliki unsur-unsur budaya seperti sistem kepercayaan, sistem kemasyarakat dan sistem mata pencaharian hidup. Nilai-nilai dalam empat cerpen terdiri atas nilai moral, nilai sosial dan nilai agama/religius. Data kuantitatifnya dilihat dari aspek hasil analisis mahasiswa dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 50. Selanjutnya, berdasarkan analisis kode bahasa, kode sastra dan kode budaya terhadap cerpen dan pedoman kriteria pemilihan bahan ajar, serta pemikiran dosen mata kuliah, maka cerpen pilihan kompas 2013, dapat diandalkan sebagai materi atau bahan ajar karena mengandung nilai-nilai berdasarkan hasil analisis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 11, 2017
How to Cite
SETIAWAN, Setiawan. KAJIAN KODE BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA DALAM KUMPULAN CERPEN PILIHAN KOMPAS 2013 SEBAGAI PEMILIHAN BAHAN AJAR PROSA FIKSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA INDONESIA DAN DAERAH FKIP UNPAS BANDUNG. LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 103-111, oct. 2017. ISSN 2549-2594. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/421>. Date accessed: 20 oct. 2017. doi: http://dx.doi.org/10.23969/literasi.v7i2.421.