ANALISIS TINGKAT KEBAKUAN BAHASA INDONESIA PADA ARTIKEL GALAMEDIA DITINJAU DARI ASPEK KALIMAT EFEKTIF SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VII

artikel Galamedia: kalimat efektif: bahan ajar

  • Syifa Nuraini Latifah Mts. Ar-Rosyidiyah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi  minimnya kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan kalimat efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana tingkat kebakuan bahasa Indonesia pada artikel pendidikan dalam koran Galamedia ditinjau dari aspek  kalimat efektif? 2) Bagaimana bentuk kesalahan pemakaian kalimat bahasa Indonesia pada artikel pendidikan dalam koran Galamedia ditinjau dari aspek kalimat efektif? 3) Bagaimana pemanfaatan hasil analisis tingkat kebakuan pemakaian bahasa Indonesia pada artikel pendidikan dalam koran Galamedia ditinjau dari aspek kalimat efektif sebagai bahan ajar bahasa Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan memberikan gambaran secara faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang berkaitan dengan: tingkat kebakuan bahasa Indonesia pada artikel pendidikan dalam koran Galamedia ditinjau dari aspek  kalimat efektif, bentuk kesalahan pemakaian kalimat bahasa Indonesia pada artikel pendidikan dalam koran Galamedia ditinjau dari aspek kalimat efektif, dan pemanfaatan hasil analisis tingkat kebakuan pemakaian bahasa Indonesia pada artikel pendidikan dalam koran Galamedia ditinjau dari aspek kalimat efektif sebagai bahan ajar bahasa Indonesia.
Dari proses di atas diperoleh data, bahwa setelah dilakukannya analisis pada kebakuan kalimat dan kesalahan kalimat dalam artikel Galamedia, kemudian dijadikan bahan ajar, siswa mampu menentukan kalimat efektif dan tidak efektif. Keberhasilan dapat dilihat dari hasil 10 siswa yang mampu menjawab instrumen yang penulis ujicobakan. Bahan ajar berbentuk modul tersebut sudah valid karena telah divalidasi berdasarkan pertimbangan kriteria pemilihan bahan ajar yang baik. Bahan ajar modul hasil analisis dari artikel Galamedia dapat dijadikan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan menggunakan kalimat efektif pada siswa kelas VII.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 31, 2017
How to Cite
LATIFAH, Syifa Nuraini. ANALISIS TINGKAT KEBAKUAN BAHASA INDONESIA PADA ARTIKEL GALAMEDIA DITINJAU DARI ASPEK KALIMAT EFEKTIF SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VII. LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 112-120, oct. 2017. ISSN 2549-2594. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/396>. Date accessed: 19 dec. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.23969/literasi.v7i2.396.