PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V DI SDN KECAMATAN SUKASARI BANDUNG

kemampuan menulis: menulis narasi: teknik pembelajaran mind mapping

Authors

  • Feby Inggriyani Unpas

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v7i1.274

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Kecamatan Sukasari Bandung tahun akademik 2013/2014 mengalami kesulitan jika diberikan tugas untuk menulis narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V SD di Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen model two group post-test design. Kemampuan menulis narasi pada siswa yang belajar dengan menggunakan teknik mind mapping memiliki nilai rata-rata 81,95 dengan nilai tertinggi adalah 92 dan terendah 68. Sedangkan kemampuan menulis narasi pada siswa yang belajar dengan teknik konvensional memiliki nilai rata-rata 76,2 dengan nilai tertinggi 86 dan terendah 67. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh bahwa thitung > ttabel pada taraf signifikan 0,05 (95%) dengan ketentuan apabila thitung lebih besar dari ttabel yakni 2,527 > 1,729 berarti Ho ditolak sebaliknya Ha diterima. Dengan demikian, teknik pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V SDN 4  Sukarasa Kota Bandung Tahun 2014.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-03-20