STUDI KASUS PADA MAHASISWA SLOW LEARNER DALAM MENYIMAK MATA KULIAH BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v7i1.268Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak seorang mahasiswa Slow Learner pada pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia dan penyebab mahasiswa tersebut mempunyai kemampuan yang lambat dalam menyimak pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia bila dibandingkan dengan teman-temannya yang lain. Penelitian menggunakan metode studi kasus di mana penelitian studi kasus ini yang diteliti secara terus-menerus dan mendalam. Penelitian ini terdiri dari enam pertemuan tatap muka di kelas. Objek penelitian adalah seorang mahasiswa semester I Universitas Winaya Mukti yang bernama Abdul Haris Jaenallov. Haris mempunyai kekurangan dalam menyimak mata kuliah Bahasa Indonesia. Penyebab Haris sukar berkonsentrasi dalam menyimak pembelajaran adalah kebiasaan Haris yang harus selalu melihat bahan-bahan/materi/tulisan yang sedang diperdengarkan. Karena jika Haris hanya mendengarkan, kadang-kadang pemikirannya tidak sepenuhnya pada apa yang didengarnya. Haris sering kehilangan konsentrasi. Tetapi ketika dosen menjelaskan suatu materi mencoba menayangkan slide power point dengan lambat, sambil mendengarkan Haris juga melakukan kegiatan membaca. Dengan demikian, konsentrasi Haris menjadi lebih baik. Kata Kunci: studi kasus, slow learner, menyimakDownloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.