Komunikasi “Social Marketing” Dalam Proses Difusi Inovasi Revitalisasi Masyarakat Desa Wisata “Kampung Lawas Maspati”

Studi Kasus Desa Wisata “Kampung Lawas Maspati”, Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

Authors

  • Afifatur Rohimah, Rachmawati Novaria Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/linimasa.v2i1.1383

Keywords:

Pemasaran sosial, difusi inovasi revitalisasi, komunikasi

Abstract

ABSTRAK Peerkembangan wisata menjadi salah satu sendi perekonomian yang sedang dikelola baik oleh pemerintah. Salah satu desa wisata yang berada ditengah perkotaan telah menjadi angin segar dalam pengelolan sumber daya potensial dan warga untuk menyumbang roda perputaran wisata di Indonesia. Surabaya menjadi salah satu kota besar yang memiliki desa wisata yang sedang dikelola dengan baik. Sehingga menarik untuk dikaji dan diteliti terutama bidang fokus pemasaran yang berbasis social marketing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi social marketing yang membentuk difusi inovasi dalam revitalisasi masyarakat desa wisata kampung lawas maspati, serta untuk mengetahui dan menganalisis adopsi difusi inovasi dalam revitalisasi masyarakat sebagai pengelola aktif desa wisata kampung lawas maspati. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian naturalistik kualitatif karena penelitian naturalistik kualitatif tidak memanipulasi "peristiwa" (setting) penelitian. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian komunikasi "Social Marketing" dalam proses difusi inovasi revitalisasi desa wisata kampung lawas maspati yang menjadi alasan revitalisasi ini karena desa wisata kampung lawas maspati sebelum direvitalisasi hanya konsumtif dan kurang sadar akan dampak positif dari kebaikan. manajemen desa pariwisata dalam memberikan dampak pada semua aspek kehidupan. Maka perlu dilakukan revitalisasi yang bertujuan untuk membuat desa wisata kampung lawas maspati tumbuh dan membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Rogers, EM, 2004. Diffusion Of Innovations. Third Edition. New York: The Free Perss

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi lengkap dengan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Griffin. 2012. A First Look At Communication Theory. AS. The mc Graw-Hill Companies

Hamidi. 2007. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang:UMM Press

Teori Komunikasi dan Strategi Dakwah. Malang: UMM Press

Hanafi. 2002. Memasyarakatkan Ide-ide baru. Terj: Communication Of Innovation. Surabaya: Usaha NAsional

Harun, Ardianto. 2014. Komunikasi Pembangunan dan Perubahan Sosial: Prespektif Dominan, Kaji Ulang, dan Teori kritis. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Hasan, B. 2009. Manusia Komunikasi, Komunikasi Manusia. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara

Littlejohn, Foss. 2008. Theories Of Human Communication. USA: Thomson Wadsworth

Nasution, Z. 2001. Komunikasi Pembangunan: Pengenalan Teori dan Penerapannya. Jakarta:PT Rajawali Pers

Novaria, Rachmawati. Afifatur Rohimah. 2017. Pengembangan Community Based Tourism Sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemasaran Pariwisata Di Wonosalam Kabupaten Jombang.e-ISSN 2598-1064. Prosiding FISIP UMSIDA.

Downloads

Published

2019-01-30