Tren’s Personal Branding Youtuber Indonesia

Authors

  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/linimasa.v1i2.1080

Keywords:

youtube, youtuber, personal branding

Abstract

ABSTRAK  Youtube sebagai media online berbasis video adalah salah satu media online dengan pengunjung terbesar di Indonesia, tercatat pada situs pemeringkat website alexa.com youtube berada pada peringkat tiga di bawah raksasa mesin pencari google. Besarnya jumlah pengunjung pada media online youtube membuat banyak pihak menggunakan youtube sebagai sarana berbagai aktivitas, termasuk di antaranya digunakan oleh youtuber Indonesia untuk membranding dirinya agar dapat menarik banyak pengunjung sehingga dapat menghasilkan uang dan kepopuleran. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melihat tren personal branding yang banyak dilakukan oleh youtuber Indonesia. penelitian ini menggunakan konsep personal branding dan media online youtube sebagai kajian referensi, sedangkan metode penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Cresswell. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa tren personal branding yang banyak dilakukan oleh youtuber Indonesia lebih membentuk brand personal yang atraktif, humoris, dan informatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENSI

Buku

Aaker, A. David & Biel, L . 1997. Loyalitas Merek dan Periklanan. Alih bahasa oleh Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama

Budiargo, Dian. 2015. Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Cresswell, John W. 2014. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moloeng, Lexy. 2002. Metodologi Penelitan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2016. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rangkuti, Freddy, 2013. Strategi Semut Melawan Gajah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Santana K, Septiawan, 2005. Jurnalisme Kontemporer, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Online

alexa.com/akses 19 januari 2018/https://www.alexa.com/topsites/countries/ID

blogbiasa.com/ akses 19 jnauari 2018/ https://www.blogbiasa.com/2017/12/apa-itu-youtuber-arti-pengertian-alasan.html

contohblog.com/akses 20 januari 2018/ http://www.contohblog.com/2017/07/pengertian-subscriber-fungsi-seo-blog.html

kbbi.web.id/akses pada 29 januari 2018.

merdeka.com/akses 19 januari 2018/ https://www.merdeka.com/teknologi/sejarah-singkat-youtube-situs-video-sharing-terbesar-tekstory.html

sociablade.com/akses 19 januari 2018/

https://socialblade.com/youtube/top/country/id/mostsubscribed

youtube.com/https://www.youtube.com/akses 20 januari 2018

Downloads

Published

2018-07-30

Issue

Section

Articles