KEBIJAKAN PUBLIK BERPIHAK KEPADA SIAPA?

KONTROVERSI TRANSPORTASI KONVENSIONAL VS TRANSPORTASI ONLINE

Authors

  • Yuditya Wardhana STISIPOL Dharma Wacana Metro

DOI:

https://doi.org/10.23969/linimasa.v2i1.1385

Keywords:

Kebijakan Publik, Transportasi Konvensional, Transportasi Online.

Abstract

ABSTRAK Transportasi online yang belakangan ini sedang marak di Indonesia menjadi salah satu penyedia jasa transportasi yang mendapat tempat di hati masyarakat. Transportasi yang berbasis online ini mengutamakan pelayanan terbaik bagi penggunanya. Kemudahan yang ditawarkan oleh transportasi online diantaranya adalah biaya transportasi yang cenderung murah dan dapat diketahui tarifnya melalui aplikasi, efisiensi waktu tempuh dalam perjalanan, pemesanan transportasi yang mudah dan praktis, serta memberikan pelayanan yang aman dan nyaman dalam perjalanan. Masyarakat yang mulai banyak beralih dari pengguna angkutan transportasi konvensional ke transportasi online ini bukan hanya didasari oleh pelayanan yang baik dari transportasi online, akan tetapi timbul akibat ketidaknyamanan masyarakat dalam menggunakan jasa angkutan trasnportasi konvensional yang ada saat ini. Fenomena yang terjadi saat ini, pelaku transportasi konvensional merasa penghasilannya berkurang karena keberadaan transportasi online. Tak jarang banyak terjadi konflik yang berujung tindakan anarkis diberbagai daerah akibat polemik antara kedua jenis transportasi tersebut. Menanggapi fenomena yang ada, pemerintah mengeluarkan sejumlah regulasi untuk memberikan keadilan antara transportasi konvensional dan transportasi online, tetapi sampai sejauh ini kebijakan yang dibuat oleh pemerintah belum dirasa adil bagi kedua jenis transportasi tersebut. Kata Kunci: Kebijakan Publik, Transportasi Konvensional, Transportasi Online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Buku:

Agustino, Leo. 2006. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Alfabeta; Bandung.

Anderson, James E. 1979-second edition. Public Policy-making. Holt, Rinehart and Winston: New York.

Dunn, William N. 2003. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta. Gadjah Mada. University Press.

Indiahono, Dwiyanto. 2017. Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analysis. Yogyakartra. Gava Media.

Nugroho, Riant. 2008. Public Policy. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Ripley, Ronald B and Grace Franklin. 1986. Policy Implementation Bereaucracy. Chicago : Dorsey Press.

Subarsono, AG. 2005. Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Syafie, Inu Kencana. 1992. Pengantar Ilmu Pemerintahan. Jakarta: PT Eresco.

Wahab, Solichin Abdul. 2012. Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta. Bumi Aksara.

Winarno, Budi. 2014. Kebijakan Publik (Teori, Proses dan Studi Kasus). Yogyakarta. CAP (Centre of Academic Publishing Service).

Dokumen:

Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Peraturan Menteri Perhubungan No. 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Peraturan Menteri Perhubungan No. 62 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Peraturan Menteri Perhubungan No. 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Website :

https://tirto.id/bentrok-transportasi-konvensional-dan-online-clvq

http://ylki.or.id

Downloads

Published

2019-01-30